Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:41:06ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-02-18T08:49:17Z2016-02-18T08:49:17Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21091This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/210912016-02-18T08:49:17Z
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA
TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR
PADA KARYAWAN PT. KERETA API INDONESIA
(PERSERO) SUB DIVRE III.2 TANJUNG KARANG
BANDAR LAMPUNG
ABSTRAK
PT Kereta Api Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gaya kepemimpinan
berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT
Kereta Api Indonesia Sub Divisi Regional III.2 Tanjung karang Bandar Lampung,
apakah Kepuasan Kerja berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior
pada karyawan PT Kereta Api Indonesia Sub Divisi Regional III.2 Tanjung
karang Bandar Lampung, dan apakah gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja
secara bersama – sama berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior
pada karyawan PT Kereta Api Indonesia Sub Divisi Regional III.2 Tanjung
Karang Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan
PT Kereta Api Indonesia Sub Divisi Regional III.2 Tanjung karang Bandar
Lampung yang berjumlah 91 orang. Metode pengumpulan data menggunakan
kuesioner dengan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian ini salah satu hipotesisnya tidak
didukung, yaitu gaya kepemimpinan tidak berpengaruh positif dan signifikan
terhadap organizational citizenship behavior. Hipotesis penelitian berikutnya
menunjukkan bahwa penelitian mendukung hipotesis yang menyatakan bahwakepuasan kerja berpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior
serta gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja secara bersama- sama berpengaruh
terhadap organizational ctizenship behavior. Dibuktikan nilai t tabel gaya
kepemimpinan sebesar 0.999<1,662 t tabel. Nilai t tabel kepuasan kerja 3,648 >
3,10 t tabel dan R square = 0,077 atau 7,7% sedangkan selebihnya di jelaskan oleh
faktor lain di luar penelitian ini.
Saran pada perusahaan dalam penelitian ini adalah agar pihak perusahaan dapat
lebih memperhatikan lagi kelebihan dan keahlian karyawan sehingga dapat
meningkatkan efektivitas perusahaan dengan tidak mengharapkan hadiah apapun
dari perusahaan dan juga menjaga tugas dan pekerjaan-pekerjaan utama yang
diberikan dari perusahaan dan saling membantu agar tercapainya keefektivitasan
perusahaan.
Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Organizational
Citizenship Behavior1211011105 MULIYAH muliyahmuli@yahoo.com