Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:17:28ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-10-03T02:01:12Z2022-10-03T02:01:12Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66483This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/664832022-10-03T02:01:12ZPERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN
SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 KALIANDAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai persepsi siswa terhadap
pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Kalianda. Desain penelitian ini
menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Deskriptif
Kuantitatif dengan Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik di SMA Negeri 1 Kalianda Kabupaten
Lampung Selatan Provinsi Lampung berjumlah 681 dan sampel penelitian
berjumlah 102 orang. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukan persepsi
siswa terhadap proses pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Kalianda
berada pada kategori “cukup baik” yang mana hasil pernyataan dari siswa dengan
jumlah pemilih tertinggi (38 siswa) dengan persentase 37,25%, sedangkan pada
kategori “sangat baik” 5,88% (6 siswa), “ baik” 25,49 % (26 siswa), “rendah”
27,45% (28 siswa), dan “sangat rendah” 3,92% (4 siswa). Dalam penelitian
dipengaruhi oleh faktor internal (minat,pengalaman, perhatian, emosi) dan faktor
eksternal (objek, dan lingkungan). Dengan hasil keseluruhan berada pada kategori
“cukup baik” ini dipengaruhi oleh rendahnya indikator minat, dan indikator
emosi. Hal ini telah disampaikan oleh siswa pada hasil wawancara yang
menyatakan kurang tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai
pembelajaran seni budaya, sebagian siswa menganggap pembelajaran seni budaya
hanya untuk siswa yang memiliki bakat dalam keterampilan melukis, menari, dan
musik.
Kata kunci : persepsi, siswa, pembelajaran, faktor eksternal, faktor internal.1753043005 MUTHI‟AH TRI HANDAYANImutiatrih@gmail.com