Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:37:46ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-04-28T01:25:34Z2022-04-28T01:25:34Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60570This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/605702022-04-28T01:25:34ZPERANAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH
BERBASIS DARING PESERTA DIDIK DI SMP YAYASAN BAKTI
PRABUMULIH TAHUN PELAJARAN 2020/2021ABSTRAK
PERANAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH
BERBASIS DARING PESERTA DIDIK DI SMP YAYASAN BAKTI
PRABUMULIH TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Oleh
Muthiah Shabrina
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan orang tua dalam pembelajaran
jarak jauh berbasis daring peserta didik di SMP Yayasan Bakti Prabumulih. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah orang tua peserta didik kelas 7, 8
dan 9 tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang
yaitu wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan dalam
pembelajaran jarak jauh berbasis daring presentase cukup berperan yaitu 67 % dan
sangat berperan sebanyak 27% dengan indikator variabel yaitu: Orang tua sebagai
pembimbing, orang tua sebagai motivator, orang tua sebagai fasilitator, dan orang
tua sebagai pengarah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa orang tua
berperan dalam pembelajaran jarak jauh berbasis daring sebesar 67% peserta didik
di SMP Yayasan Bakti Prabumulih.
Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Daring,Orang Tua,Peranan.
ii
ABSTRACT
THE ROLE OF PARENTS IN NETWORK-BASED LEARNING OF
STUDENTS IN YAYASAN BAKTI PRABUMULIH JUNIOR HIGH
SCHOOL STUDY YEAR 2020/2021.
By
MUTHIAH SHABRINA
The purpose of this study was to determine the role of parents in online-based
distance learning for students at Yayasan Bakti Prabumulih Junior High School.
The research method used in this research is descriptive method with a quantitative
approach. The research subjects were parents of 7, 8 and 9 grade students in 2021.
The data collection technique used the main techniques, namely questionnaires and
supporting techniques, namely interviews.
The results showed that parents played a role in online-based distance learning, the
percentage was quite instrumental, namely 67% and was very instrumental as much
as 27% with variable indicators, namely: Parents as guides, parents as motivators,
parents as facilitators, and parents as guides. Thus it can be concluded that parents
play a role in online-based distance learning as much as 67% of students at Yayasan
Bakti Junior High School.
Keywords: Online-Based Distance Learning,Online, Parents, Role1713032022 MUTHIAH SHABRINAmuthiahshabrina1308@gmail.com