Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:54:19ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-01-12T03:18:20Z2018-01-12T03:18:20Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29767This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/297672018-01-12T03:18:20ZPENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MODEL SIMAYANG
UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN
KETERAMPILAN PROSES SAINSPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif model SiMaYang
yang memiliki kelayakan (validitas), kepraktisan dan keefektivan yang tinggi
dalam meningkatkan efikasi diri dan keterampilan proses sains peserta didik.
Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan
dengan cara studi pendahuluan, pengembangan produk awal, tahap validasi dan
revisi, tahap uji coba melalui implementasi media interaktif di salah satu SMP
Negeri di kabupaten Pringsewu, dan wawancara sehingga diperoleh produk akhir
berupa media interaktif model SiMaYang. Kelayakan media interaktif diukur dari
hasil validitas ahli. Kepraktisan media ditinjau dari penilaian keterlaksanaan dan
respon peserta didik. Keefektivan media interaktif dapat dilihat dari peningkatan
N-gain dan aktivitas peserta didik. Untuk melihat efektivitas produk digunakan
desain kuasi eksperimen.
Bentuk desain kuasi eksperimen dalam penelitian ini adalah Nonequivalent
control group design yaitu dua kelompok yang ada diberi pretest, kemudian
diberikan perlakuan, dan terakhir diberikan postest. Selanjutnya baik kelas
eksperimen dan kelas kontrol dibandingkan hasilnya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media interaktif model SiMaYang untuk meningkatkan
efikasi diri dan keterampilan proses sains dalam pembelajaran secara konten dan
kontruk telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan; praktis digunakan
dengan keterlaksanaan sangat tinggi dan mendapat respon sangat baik dari peserta
didik; serta efektif meningkatkan efikasi diri, meningkatkan keterampilan proses
sains dan mendorong aktivitas peserta didik dengan kategori sangat tinggi.
Kata kunci: media interaktif, pembelajaran model SiMaYang, efikasi diri,
keterampilan proses sains.
abstract
The objective of the research was to develop student interactive media model
SiMaYang which were valid, practicable, and effective to improve self efficacy
and science process skills of students. Design research and development done by
means of the study introduction, early product development, validation and
revision, the step of experiment try through implementation of an interactive
media in one junior high schools in kabupaten Pringsewu, and interview to
achieve the final product of interactive media model SiMaYang. Feasibility
interactive media measured from the results of expert validity. Practicality of the
media in terms of assessment of the implementation and response students.
Effectiveness of interactive media can be seen from the self efficacy and increased
n-gain and activity students. To see the effectiveness of the product is used quasi
experimental design.
The quasi-experimental design of the experiments in this study is Nonequivalent
control group design two groups that are given pretest, then given treatment, and
lastly given postest. Furthermore both the experimental class and the control class
are compared the results. Results were as follow interactive media of SiMaYang
model to increase self efficacy and science process skill in content and construc
was valid and feasible; practical used with feasibility very high and received an
excellent of students; and effective with the capability of teachers in managing
learning, self efficacy, science process skill and activities students very high
category.
Key words: interactive media, SiMaYang model, self efficacy, science
process skills1423025025 MUTMAINAH mutmainah59@yahoo.co.id