Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:05:19ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-01-09T02:04:02Z2014-01-09T02:04:02Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/286This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2862014-01-09T02:04:02ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA
MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN
KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSITujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran
Learning Cycle 3E pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan
keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi siswa SMA Negeri 7 Bandar
Lampung. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur dengan
berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan.
Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent
control group design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik
purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung dengan kelas XI IPA4 dan kelas XI IPA5
sebagai sampel.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan
untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,66 dan 0,47; serta rata-rata n-
Gain keterampilan inferensi untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,63
Ni Wayan Methania
dan 0,48. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua
rata-rata (uji-t). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan
mengkomunikasikan dan inferensi pada materi kesetimbangan kimia dengan
model Learning Cycle 3E lebih tinggi daripada yang diterapkan pembelajaran
konvensional. Hal ini menunjukkan model Learning Cycle 3E efektif dalam
meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi pada materi kesetimbangan
kimia.
Kata kunci : keterampilan inferensi, keterampilan mengkomunikasikan, model
pembelajaran Learning Cycle 3ENI WAYAN METHANIA Made