Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:37:42ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-10-13T07:10:19Z2016-10-13T07:10:19Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24011This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/240112016-10-13T07:10:19ZHUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN AKTIVITAS
BELAJAR SEJARAH SISWA DI KELAS X SMA
NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN2015/2016
Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) atau berpikir berpasangan berbagi adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Siswa dilatih berfikir mandiri, bekerja dalam kelompok kecil dan saling membantu untuk menguasai materi yang dipelajari. Adanya interaksi dalam kelompok pasangan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Seberapa erat model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan aktivitas belajar sejarah siswa di kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keerat hubungan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan aktivitas belajar sejarah siswa di kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling dengan jenis Cluster Random Sampling dengan cara undian terpilihnya X5 dan X7 sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus uji koefisien korelasi Eta (η).
Berdasarkan analisis data secara kuntitatif dengan rumus Eta (η) sebesar 0,72 berada pada kekuatan hubungan tinggi atau kuat, hal ini menunjukan bahwa hubungan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan aktivitas belajar sejarah siswa di kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah positif, jika semakin sering model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) digunakan maka semakin tinggi aktivitas belajar sejarah siswa.
1213033047 Maya Astrinaastrinamaya@gmail.com