Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:35:48ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-02-26T06:23:16Z2015-02-26T06:23:17Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7386This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73862015-02-26T06:23:16ZPENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN
MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER
BELAJAR SISWA SMP NEGERIABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter belajar dan hasil belajar
dengan menggunakan media audio visual. Metode yang digunakan yaitu
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 3 siklus untuk membentuk
karakter siswa. Alat pengumpul data yang digunakan antara lain observasi,
dokumentasi foto dan tes, hal tersebut dilakukan sebagai dasar untuk menafsirkan
hasil penelitian di setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan media audio
visual dapat membentuk karakter dan hasil belajar siswa kelas VII.B. Pada siklus
1, pelaksanaan tindakan pembelajaran audio visual dengan menayangkan satu kali
dan membentuk 4 kelompok dari semua jumlah siswa dan setiap kelompok
berjumlah 9 siswa dengan kegiatan pembelajaran antara lain observasi/mengamati
tayangan audio visual, mencatat makna/hal-hal penting dari tayangan audio visual,
diskusi kelompok, membuat laporan kelompok, presentasi, tanya jawab dan
menyimpulkan, menunjukkan bahwa karakter siswa dalam satu kelas berkategori
berkarakter dan hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan kelas. Pada
siklus 2, pelaksanaan tindakan pembelajaran audio visual dengan menayangkan
dua kali dan membentuk 5 kelompok dari semua jumlah siswa dan setiap
kelompok berjumlah 7-8 siswa dengan kegiatan pembelajaran antara lain
observasi/mengamati tayangan audio visual, mencatat makna/hal-hal penting dari
tayangan audio visual, diskusi kelompok, membuat laporan kelompok, presentasi,
tanya jawab dan menyimpulkan, menunjukkan bahwa karakter siswa dalam satu
kelas berkategori berkarakter dan hasil belajar siswa belum mencapai kriteria
ketuntasan kelas. Pada siklus 3, pelaksanaan tindakan pembelajaran audio visual
dengan menayangkan dua kali dan membentuk 6 kelompok dari semua jumlah
siswa dan setiap kelompok berjumlah 6 siswa dengan kegiatan pembelajaran
antara lain observasi/mengamati tayangan audio visual, mencatat makna/hal-hal
penting dari tayangan audio visual, diskusi kelompok, membuat laporan
kelompok, presentasi, tanya jawab dan menyimpulkan, menunjukkan bahwa
karakter siswa dalam satu kelas berkategori berkarakter dan hasil belajar siswa
sudah mencapai kriteria ketuntasan kelas, ada hubungan yang kurang erat antara
karakter dengan hasil belajar.
Kata kunci : Media Audio Visual, Karakter dan Hasil Belajar.
ABSTRACT
This study aimed to describe the character of learning and learning outcomes by
using audio-visual media. The method used is a class action research conducted
by 3 cycles to form the character of students. Data collection tool used include
observation, photo documentation and testing, it is done as a basis for interpreting
the results of the research in each cycle. The results of this study show the audiovisual
media can shape the character and class of student learning outcomes
VII.B. In cycle 1, the implementation of audio-visual learning action by airing one
time and form 4 groups of all the number of students and each group has 9
students with learning activities include observation / watch the audio-visual,
noting the meaning / important matters of audio-visual impressions , group
discussions, group reports, presentations, discussion and concluded, showed that
students in a class character categorized character and student learning outcomes
have not reached grade completeness criteria. In cycle 2, the implementation of
audio-visual learning action by airing twice and formed five groups of all the
number of students and each group numbered 7-8 students with learning activities
include observation / watch the audio-visual, noting the meaning / important
things of impressions audio-visual, group discussions, group reports,
presentations, discussion and concluded, showed that students in a class character
categorized character and student learning outcomes have not reached grade
completeness criteria. In cycle 3, the implementation of audio-visual learning
action by airing twice and formed six groups of all the number of students and
each group amounted to 6 students with learning activities include observation /
watch the audio-visual, noting the meaning / important matters of audio-visual
impressions , group discussions, group reports, presentations, discussion and
concluded, showed that students in a class character categorized character and
student learning outcomes have reached the completeness criteria class, there is a
close relationship between the characters with less learning outcomes.
Keywords: Audio Visual Media, Character and Learning Outcomes.1223031025 Meri Susantimercy_110882@yahoo.co.id