Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:38:11ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-05-09T07:58:18Z2014-05-09T07:58:18Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1566This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15662014-05-09T07:58:18ZSTUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED
INDIVIDUALIZATION DAN GROUP INVESTIGATION DENGAN
MEMPERHATIKAN
KEMAMPUAN AWAL SISWAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya perbedaan hasil
belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model
kooperatif TAI dengan model kooperatif GI. 2) Perbedaan hasil belajar ekonomi
antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. 3)
Perbedaan hasil belajar ekonomi antarmodel pembelajaran dan antarkemampuan
awal (tinggi, sedang, rendah) siswa. 4) Interaksi antara model kooperatif tipe TAI
dengan model kooperatif tipe GI dan antara siswa yang memiliki kemampuan
awal tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar ekonomi. 5) Perbedaan
efektivitas antara model kooperatif tipe TAI dan model kooperatif tipe GI.
Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberjaya
Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 140 siswa. Sampel yang diambil
menggunakan teknik cluster random sampling berjumlah 2 kelas (XI IPS 1 dan XI
IPS 3). Instrumen penelitian berupa tes (pre test dan post test). Pengujian
hipotesis menggunakan rumus anava dua jalur dan efektivitas manual.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Tidak ada perbedaan hasil
belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TAI
dengan model GI, diperoleh Fhitung = 0,204< Ftabel = 3,13. 2) Ada perbedaan hasil
belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan
rendah, diperoleh Fhitung = 12,194 > Ftabel = 3,13. (3) Ada perbedaan hasil belajar
ekonomi antarmodel pembelajaran dan antarkemampuan awal (tinggi, sedang,
rendah) siswa, diperoleh Fhitung = 5,192 > Ftabel = 3,13 (4) Tidak ada interaksi
antara model kooperatif tipe TAI dengan model kooperatif tipe GI dan antara
siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil
Gabriela Sabatini
belajar ekonomi, diperoleh Fhitung = 0,693 > Ftabel = 3,13. (5) Ada perbedaan
efektivitas antara model kooperatif tipe TAI dengan model kooperatif tipe GI,
diperoleh Δ TAI = 17,34 < Δ GI = 18,47 dan efektivitas sebesar 0,939.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, TAI, GI, Kemampuan AwalGABRIELA SABATINI Mintoyo