Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:19:17ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-09-22T03:59:47Z2014-09-22T03:59:47Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3260This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32602014-09-22T03:59:47Z PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION)
DENGAN STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)
MELALUI METODE EKSPERIMEN
Hasil belajar merupakan akhir atau puncak dari proses belajar. Rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kedondong dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu guru menggunakan metode ceramah dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan STAD (Students Teams Achievement Of Division); 2) Perbedaan rata-rata hasil belajar fisika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan STAD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan tipe conterbalanced design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 242 orang siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Kedondong pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan sebanyak 70 siswa adalah kelas X3 dan X4.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar pengumpulan data berbentuk tabel yang diperoleh dari hasil posttest. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan analisis Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran GI dengan model pembelajaran STAD dengan Thitung > Ttabel . Nilai rata-rata hasil belajar menunjukan bahwa model pembelajaran GI lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran STAD dengan nilai GI 76,114 > dan nilai STAD 72,471.
0613022039 Muhamad Abdul Aziz Hadiwijayamuhamadhadiwijaya88@gmail.com