Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:52:50ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-06-24T02:33:54Z2016-06-24T02:33:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22843This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/228432016-06-24T02:33:54ZDETEKSI MEDAN MAGNET KERETA UNTUK INFORMASI DINI
SISTEM PEMBERHENTIAN DARURAT BERBASIS
MIKROKONTROLER ARDUINO UNO R3 DENGAN SENSOR
SOLENOID
Kereta api merupakan alat transportasi umum yang disediakan pemerintah
Indonesia guna mendukung aktivitas penduduknya untuk mengangkut barang
ataupun manusia. Selain tidak ada hambatan di perlintasan kereta api, daya
angkutnya relatif lebih banyak dari alat transportasi darat lainnya. Namun tidak
jarang kita mendengar kecelakaan kereta api yang disebabkan kesalahan manusia
sebagai pengemudinya, dimana kesalahan manusia membuat arah laju kereta tidak
sesuai dengan rute yang seharusnya.
Alat yang dirancang bertujuan mengembangkan sistem kontrol kereta api
dengan menerapkan teknologi mikrokontroler dan penggunaan sensor solenoid
sebagai pengindra medan magnet yang dihasilkan oleh kereta api, sehingga sistem
tersebut akan memungkinkan pengendalian laju kereta api pada jalur yang salah
secara terpadu pada satu pos pemantauan.
Alat ini telah diuji di rel kereta api dengan tanggapan ketika kereta api
melewati sensor, maka model rambu lalulintas kereta api bergerak dan informasi
berupa pesan singkat tentang keberadaan kereta api yang memanfaatkan modul
GSM dapat terkirim.
Hasil akhir alat yang dirancang adalah sebuah model sistem pemberhentian
kereta api dalam keadaan darurat dengan memanfaatkan mikrokontroler dan
sensor kumparan solenoid yang mempunyai sensitivitas sebesar ± 0,00078071
volt/Gauss untuk mengambil informasi keberadaan laju kereta diluar rute
seharusnya dengan pendeteksian medan magnet yang ditimbulkan oleh laju kereta
itu sendiri, kemudian mengirim informasi tersebut sehingga ada evaluasi ulang
dari pos pemantauan dan menggerakkan model rambu lalulintas kereta api
sehingga resiko kecelakaan bisa diantisipasi bahkan bisa dihindari.
abstract bahasa inggris
Abstract- the train was a public transportation provided by the Indonesian
government in order to support the activity of the population to transport goods
or human. Besides there wereno obstacles in railroad, its haulage was relatively
more than the transportation. But not rarely we heard train accident caused by
human error as the driver, where human error made the direction of the train rate
was not in accordance of the route that should be.
The appliance was designed aims to develop the train control system by
implementing the microcontroller technology and using of solenoid sensor as
perception magnetic field produced by the train, therefore the system will allow
the control of the train rate on the wrong track integrated monitoring on one
post .
This appliance has been tested in a railway with the response when the train
pass sensor, then model of traffic sign moved and the information of a short
message about the existence of the train that use of the GSM module can be sent.
The result of the appliance designed was a system model of thetraindismissal
in an emergency by utilizing microcontroller and solenoid sensor that has the
sensitivity of ± 0,00078071 volts/Gauss to take information the existence of the
train rate out route supposed by detection magnetic field inflicted by the train
rate itself and then sending the information to re-evaluation of the monitoring
posts and moving model of traffic sign, therefore the risk of an accident can be
anticipated even avoided. 1115031051 Muhammad Yazir Gustaramygustara@gmail.com