Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:24:41ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-10-27T08:24:32Z2017-10-27T08:24:32Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28992This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/289922017-10-27T08:24:32ZPENGARUH KOMUNIKASI DAN CITRA TERHADAP LOYALITAS
YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN MEREK PADA
PERUSAHAAN JASA TITIPAN KILAT
(Studi pada Pengguna Jasa PT. Jalur Nugraha Ekakurir
di Bandar Lampung)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel komunikasi merek
dan citra merek terhadap loyalitas merek yang dimediasi oleh kepercayaan merek
pada pengguna jasa PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Bandar Lampung. Jenis
penelitian eksplanasi ini menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability
dengan metode accidental sampling untuk mengambil sampel
sebanyak 96 pengguna jasa JNE di Bandar Lampung menggunakan kuisioner.
Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square
(PLS) dengan alat uji Smart PLS versi 2.0.m3.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, untuk variabel komunikasi
merek dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek,
kemudian variabel kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
merek, dan variabel citra merek yang dimediasi oleh kepercayaan merek
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek, namun komunikasi merek yang
dimediasi oleh kepercayaan merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek.
Hal ini menunjukkan bahwa peran kepercayaan merek tidak memediasi penuh
antara komunikasi merek dan citra merek terhadap loyalitas merek pada
perusahaan jasa titipan kilat JNE. Implementasinya untuk Perusahaan JNE untuk
menerapkan dan meningkatkan beberapa aspek dari hasil penelitian ini guna
menciptakan dan mempertahankan loyalitas merek pelanggan terhadap JNE.
Kata Kunci: Komunikasi Merek, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas Merek.
IMPACT OF COMMUNICATION AND IMAGE ON LOYALTY MEDIATED
BY BRAND TRUST IN THE SERVICE COMPANY
(Study on PT. Jalur Nugraha Ekakurir’s Service User
at Bandar Lampung)
The purpose of this research is determining the impact of brand communication
and brand image on brand loyalty mediated by brand trust to PT. Jalur Nugraha
Ekakurir’s Service User at Bandar Lampung. The type of this explanation is using
non-probability sampling technique with accidental sampling method for taking
96 respondens as the sample from JNE’s Service User at Bandar Lampung by
questioner. Data analysis method in this research using Partial Least Square
(PLS) with test tool Smart PLS version 2.0.m3.
The result of this research imply partially, for brand communication and brand
image have significant impact on brand trust, then brand trust have significant
impact on brand loyalty, and brand image mediated by brand trust also have
significant impact on brand loyalty, but brand communication mediated by brand
trust have not impact on brand loyalty. This suggests that the role of brand trust
as mediating variable is have not full mediating between brand communication
and brand image as independent variables and brand loyalty as dependent
variable at JNE Service Company. Implementations for the JNE Service Company
is apply and improve some aspects from the results of this research to create and
maintain customer brand loyalty on JNE.
Key Word: Brand Communication, Brand Image, Brand Trust, Brand Loyalty.1416051077 Mutiara2396mutiara@gmail.com