Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:36:50ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-01-31T02:50:34Z2017-01-31T02:50:34Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25356This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/253562017-01-31T02:50:34ZPENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI
STRUKTUR TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X ANIMASI
SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016Masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media dalam
pembelajaran memahami struktur teks anekdot kelas X Animasi SMK Negeri 1
Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 berdasarkan kriteria pemilihan
media, fungsi media, tujuan media dan keberterimaan media. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan penggunaan media dalam pembelajaran memahami
struktur teks anekdot kelas X Animasi SMK Negeri 1 Bandar Lampung tahun
pelajaran 2015/2016 berdasarkan kriteria pemilihan media, fungsi media, tujuan
media dan keberterimaan media.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian adalah proses pembelajaran yang menggunakan media dalam
pembelajaran memahami struktur teks anekdot SMK Negeri 1 Bandar Lampung.
Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang digunakan guru dalam
pembelajaran memahami struktur teks anekdot di kelas X Animasi SMK Negeri 1
Bandar Lampung yaitu media visual berupa media power point. Pada aspek
kriteria pemilihan media pembelajaran, media power point yang digunakan
hampir seluruhnya sesuai dengan kriteria, hanya saja pada kriteria interaktif terusmenerus
dan sajian gambar/grafik yang kurang sesuai. Pada aspek fungsi media
pembelajaran, media power point yang digunakan mempunyai satu kriteria yang
kurang sesuai, yaitu pada kriteria membawa kesegaran dan variasi bagi
pengalaman belajar siswa. Pada aspek tujuan media pembelajaran kriteria
menumbuhkan sikap dan keterampilan tertentu dalam teknologi karena peserta
didik tertarik untuk menggunakan media tertentu masih kurang sesuai. Pada aspek
keberterimaan media pembelajaran, media power point yang digunakan dalam
pembelajaran memahami struktur teks anekdot sudah sesuai dengan kriteria.1213041060 NADIA BULQIS HIDAYATI nad.onadt@gmail.com