Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:19:31ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-06-13T06:05:08Z2017-06-13T06:05:08Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26824This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/268242017-06-13T06:05:08Z
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STRATEGI THINKING ALOUD
PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
(Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Seputih Raman
Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017)
abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
mengetahui bagaimana hasil pengembangan LKPD berbasis strategi TAPPS untuk
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini diawali dari
studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal,
dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 1
Seputih Raman Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui tes
komunikasi matematis. Uji efektivitas dilakukan untuk mengetahui efektifnya
LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis.
Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan dikembangkannya
LKPD berbasis startegi TAPPS. Penyusunan LKPD diawali dengan menyusun
draft LKPD dan semua komponennya berdasarkan panduan penyusunan LKPD.
Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi,
dan desain. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam
kategori baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa aspek komunikasi
matematis siswa cukup baik karena lebih dari 70% siswa telah memenuh kriteria
ketuntasan minimal.
Kata kunci: komunikasi matematis, LKPD,TAPPS 1523021032 NI MADE RATNA WIJAYAmaderatna21@gmail.com