Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:40:24ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-26T04:16:27Z2016-01-26T04:16:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20139This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/201392016-01-26T04:16:27ZPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATAKULIAH
BAHASA INGGRIS BISNIS PROGRAM STUDI AKUNTANSI JURUSAN
EKONOMI DAN BISNIS POLITEKNIK NEGERI LAMPUNGAbstrak
Keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat ditentukan dengan
kualitas materi atau bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar yang disesuaikan
dengan kemampuan dan kebutuhan mahasiswa (students needs) akan membuat
proses pembelaran lebih efektif. Belum adanya bahan ajar yang sesuai dengan
kebutuhan dan disiplin ilmu mahasiswa khususnya ESP (English for specific
purposes) yaitu English for business di Program Studi Akuntasi Jurusan Ekonomi
dan Bisnis Polinela menimbulkan pemikiran untuk mengembangkan bahan ajar.
Permasalahannya adalah bagaimana mengembangkan dan membuat modul
pembelajaran bahasa Inggris yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa
Inggris mahasiswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan mengikuti model penelitian dan pengembangan
Borg and Gall. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap, tahap I merupakan tahap
penelitian dan pengembangan produk dan evaluasi formatif produk yang telah
dikembangkan. Penelitan tahap II merupakan tahap uji coba lapang untuk
mengetahui efektifitas penggunaan produk hasil pengembangan. Uji lapang
dirancang dengan pre eksprerimen One Group Pre-test Post-test Design. Sampel
penelitian diambil dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitan, penelitian tahap I menghasilkan produk yang terdiri dari modul
pembelajaran, audio CD dan Video CD yang diawali dengan kegiatan: 1)
penelitian tentang analisis kebutuhan mahasiswa dan mengumpulkan informasi
kemampuan mahasiswa, observasi, interview dan analisis situasi serta review
literatur, 2) membuat perencanaan dengan seleksi dan menentukan materi pokok
yang dituangkan dalam silabus (GBPP), satuan acara pengajaran (SAP) dan draf
materi pengembangan, 3) pengembangan produk materi pembelajaran berupa
modul, audio CD dan video CD dan dilakukan pengujian oleh ahli materi, ahli isi
dan uji perorangan, 4) uji coba awal pada kelompok kecil, dan 5) revisi produk.
Hasil penelitian tahap II, yaitu 6) uji coba lapang dan 7) revisi. Hasil ujicoba
lapang diketahui bahwa penggunaan modul pembelajaran bahasa Inggris bisnis
mempunyai efektifitas sedang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
mahasiswa.
Abstract
The succeed in learning English is depend on the quality of teaching material or
module which is used. Module that arranged based on students abilities and needs
will make the learning process more effective. The idea in developing module
English for business is refer to the unavailability of module in Accounting Study
Program Economics and Business Department of The State Polytechnic of
Lampung which meets with students needs and their major especially English for
specific purposes. The problem is how to develop and arrange module of business
English which able to increase students English proficiency.
This reseach represent Borg and Gall model’s research and development (R & D).
The research has two phases, first phase is research and develop product and
giving formative evaluation to product. Second phase of the research is field test
to know the effectiveness of its usage. The test field is designed by using preexperiment One Group Pre-test Post-test Design while the sample of this research
is purposive sampling.
Phase I produced a product that is business English module, audio CD and video
CD which initiated by some activities: 1) research and collecting information
about students needs analysis, observation, interview, analysis situation and
literatures review, 2) planning by selecting, deciding main material which stated
on syllabus and lesson plan, then drafting materials development, 3) developing
draft into module, audio CD and video CD that reviewed by material and
curriculum designers and one to one review, 4) testing on small group, and 5)
revised the module. Phase II is testing field and last revision. The test field result
showed that the usage of business English module has medium affectivity to
improve students English proficiency.Anwar Rahman NN2016-01-22T07:35:32Z2016-01-22T07:35:32Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18999This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/189992016-01-22T07:35:32ZPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATAKULIAH
BAHASA INGGRIS BISNIS PROGRAM STUDI AKUNTANSI JURUSAN
EKONOMI DAN BISNIS POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
OlehAbstract
Keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat ditentukan dengan
kualitas materi atau bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar yang disesuaikan
dengan kemampuan dan kebutuhan mahasiswa (students needs) akan membuat
proses pembelaran lebih efektif. Belum adanya bahan ajar yang sesuai dengan
kebutuhan dan disiplin ilmu mahasiswa khususnya ESP (English for specific
purposes) yaitu English for business di Program Studi Akuntasi Jurusan Ekonomi
dan Bisnis Polinela menimbulkan pemikiran untuk mengembangkan bahan ajar.
Permasalahannya adalah bagaimana mengembangkan dan membuat modul
pembelajaran bahasa Inggris yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa
Inggris mahasiswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan mengikuti model penelitian dan pengembangan
Borg and Gall. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap, tahap I merupakan tahap
penelitian dan pengembangan produk dan evaluasi formatif produk yang telah
dikembangkan. Penelitan tahap II merupakan tahap uji coba lapang untuk
mengetahui efektifitas penggunaan produk hasil pengembangan. Uji lapang
dirancang dengan pre eksprerimen One Group Pre-test Post-test Design. Sampel
penelitian diambil dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitan, penelitian tahap I menghasilkan produk yang terdiri dari modul
pembelajaran, audio CD dan Video CD yang diawali dengan kegiatan: 1)
penelitian tentang analisis kebutuhan mahasiswa dan mengumpulkan informasi
kemampuan mahasiswa, observasi, interview dan analisis situasi serta review
literatur, 2) membuat perencanaan dengan seleksi dan menentukan materi pokok
yang dituangkan dalam silabus (GBPP), satuan acara pengajaran (SAP) dan draf
materi pengembangan, 3) pengembangan produk materi pembelajaran berupa
modul, audio CD dan video CD dan dilakukan pengujian oleh ahli materi, ahli isi
dan uji perorangan, 4) uji coba awal pada kelompok kecil, dan 5) revisi produk.
Hasil penelitian tahap II, yaitu 6) uji coba lapang dan 7) revisi. Hasil ujicoba
lapang diketahui bahwa penggunaan modul pembelajaran bahasa Inggris bisnis
mempunyai efektifitas sedang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
mahasiswa.
Abstract
The succeed in learning English is depend on the quality of teaching material or
module which is used. Module that arranged based on students abilities and needs
will make the learning process more effective. The idea in developing module
English for business is refer to the unavailability of module in Accounting Study
Program Economics and Business Department of The State Polytechnic of
Lampung which meets with students needs and their major especially English for
specific purposes. The problem is how to develop and arrange module of business
English which able to increase students English proficiency.
This reseach represent Borg and Gall model’s research and development (R & D).
The research has two phases, first phase is research and develop product and
giving formative evaluation to product. Second phase of the research is field test
to know the effectiveness of its usage. The test field is designed by using preexperiment One Group Pre-test Post-test Design while the sample of this research
is purposive sampling.
Phase I produced a product that is business English module, audio CD and video
CD which initiated by some activities: 1) research and collecting information
about students needs analysis, observation, interview, analysis situation and
literatures review, 2) planning by selecting, deciding main material which stated
on syllabus and lesson plan, then drafting materials development, 3) developing
draft into module, audio CD and video CD that reviewed by material and
curriculum designers and one to one review, 4) testing on small group, and 5)
revised the module. Phase II is testing field and last revision. The test field result
showed that the usage of business English module has medium affectivity to
improve students English proficiency.Anwar Rahman NN