Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:12:58ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-22T07:58:29Z2016-01-22T07:58:29Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19229This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/192292016-01-22T07:58:29ZPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DI KELAS IV
SD NEGERI 01 DAYA ASRI KABUPATEN
TULANG BAWANG BARATAbstract
Nilai keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 01 Daya Asri
Kabupaten Tulang Bawang Barat belum mencapai hasil yang maksimal.
Berdasarkan observasi diketahui bahwa siswa yang mendapatkan nilai 63 hanya
mencapai 40%. Hal ini disebabkan aktivitas yang dilakukan pada saat
pembelajaran menulis deskripsi dalam penggunaan media pembelajaran tidak
maksimal. Upaya untuk meningkatkan aktivitas keterampilan menulis siswa yaitu
salah satunya menggunakan media gambar berseri.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan pembelajaran menulis
deskripsi bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 01 Daya Asri. Metode
penelitian yang digunakan yaitu dengan penelitian tindakan kelas. Kegiatan yang
dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi. dan refleksi. Data
kegiatan tersebut dikumpulkan melalui lembar observasi, hasil tes pada setiap
akhir siklus. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian siklus I rata-rata aktivitas siswa (51%), siklus II (70%) dan siklus
III (81%). Peningkatan rata-rata aktivitas siklus I ke siklus II (19%) dan siklus II
ke siklus III (11%). Rata-rata hasil belajar siswa siklus I (65%), siklus II (69%)
dan siklus III (73%). Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa siklus I ke siklus II
(4%) dan siklus II ke siklus III (4%). Pada siklus I kinerja guru belum maksimal
dalam penguasaan kelas, dengan rata-rata aktivitas (46,5%). Pada siklus II kinerja
guru meningkat yaitu dapat membimbing dan menguasai kelas (55%) dan siklus
III (61%). Kinerja guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II (8,5%)
dan siklus II ke siklus III (6%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa
kelas IV SD Negeri 01 Daya Asri, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Bedasarkan
hasil temuan, disarankan pada guru bidang studi bahasa Indonesia hendaknya
menerapkan media gambar berseri dalam pembelajaran. Kepada siswa untuk
senantiasa membudayakan belajar dan menulis.
Kata Kunci : keterampilan menulis deskripsi dan media gambar berseriArum Sulastri NN