Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:05:22ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-25T08:16:48Z2016-01-25T08:16:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19797This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/197972016-01-25T08:16:48ZSIKAP MASYARAKAT KOTA PALEMBANG TERHADAP
PEMINDAHAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) PASAR 16 ILIR
PALEMBANG KE PASAR RETAIL JAKABARINGAbstrak
Pasar merupakan tempat pemenuhan kebutuhan primer masyarakat, tidak
terkecuali masyarakat yang berada di Kota Palembang. Keberadaan pasar yang
semakin menjamur di Kota Palembang semakin memenuhi sudut Kota Palembang
dengan 22 buah pasar. Pasar yang terbesar adalah Pasar 16 Ilir Palembang yang
memiliki luas tanah 1.283 m2. Melihat kondisi pasar yang semakin hari semakin
ramai maka membuat para pedagang beralih berjualan di pasar ini, namun
bangunan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Palembang tidak mencukupi
untuk menampung pedagang-pedagang kaki lima yang bermunculaan. Pedagang
yang tidak tertampung ini menciptakan daerah di sekitar Pasar 16 khususnya di
bawah Jembatan Ampera menjadi kotor dan kumuh. Melihat kondisi ini
Pemerintah Kota Palembang berinisiatif memindahkan pedagang kaki lima ke
pasar yang baru yaitu Pasar Retail Jakabaring. Pemindahan pedagang kaki lima
inilah yang menimbulkan berbagai reaksi dari berbagai kalangan.
Chandra Rossi
Hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap
masyarakat Kota Palembang terhadap pemindahan pedagang kaki lima Pasar 16
Ilir Palembang ke Pasar Retail Jakabaring? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui sikap masyarakat Kota Palembang terhadap pemindahan pedagang
kaki lima Pasar 16 Ilir Palembang ke Pasar Retail Jakabaring. Adapun yang
diukur dari penelitian ini adalah sikap masyarakat yang dilihat dari tiga aspek
yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek konatif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat Kota Palembang yang berusia 17-57 tahun.
Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Yamane sebanyak 100
orang yang diambil menggunakan rumus Purposive Sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, tabulasi,
dan koding. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif
dengan penyajian data menggunakan tabel tunggal.
Hasil penelitian dapat diketahui dari aspek kognitif 100 responden, didapat 45%
responden memiliki pengetahuan yang baik terhadap pemindahan pedagang kaki
lima Pasar 16 Ilir Palembang ke Pasar Retail Jakabaring. Dari aspek afektif 68%
responden memilih setuju dengan pemindahan pedagang kaki lima Pasar 16 Ilir ke
Pasar Retail Jakabaring, sedangkan dari aspek konatif diketahui 47% responden
berperilaku sangat positif dalam menindaki pemindahan pedagang kaki lima Pasar
16 Ilir Palembang ke Pasar Retail Jakabaring.
Abstract
Market is a place of society fill, included the society of Palembang City. The
market in this city is very fast growth and have full the corner of Palembang City
with 22 markets in this city. The biggest market is 16 Ilir Market have 1.283m2.
Looking for condition the market has growth make the trader sell their product in
this place, however the building was prepare by Palembang City Government did
not enough for accommodate the sidewalk trader. The trader not be accommodate
has make dirty place in the 16 Ilir Market and specially at under Ampera Bridge.
Looking for condition, Palembang City Government have initiative for moving
the sidewalk trader to a new market who called Retail Market of Jakabaring. The
moving of sidewalk trader has appeared a reaction from anyone.
The matter of this research was how respons of society in Palembang City of
moving sidewalk trader of 16 Ilir Market to Retail Jakabaring? The direction of
this research was to know response of society in Palembang City of moving the
sidewalk trader of 16 Ilir Market to Retail Jakabaring Market. The item that
Chandra Rossi
measured from this research was a response of society that able to know from
cognitive, affective, and conative aspect.
This research used the method of descriptive research. Population in this research
was society in Palembang City has had age 17 to 57 years old. The sample will
fixed by using Yamane Formula and then 100 persons that taken by Purposive
Sampling. The method of collective data used was questioners, interviews, and
documentations. Data processing of method that used was editing, tabulating and
coding. The method of data analyze that used was a quantitative analyze by
showing data used single table.
The result of the research was able know from aspect cognitive 100 respondents,
in fact 45% respondents have had good knowledge to a moving the sidewalk
trader of 16 Ilir Market to Retail Jakabaring Market. From affective aspect 68%
respondents chose pro in responding a moving the sidewalk trader of 16 Ilir
Market to Retail Jakabaring Market, while from conative 47% respondents were
very positive attitude in response a moving the sidewalk trader of 16 Ilir Market to
Retail Jakabaring Market.Chandra Rossi NN