Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:18:25ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-25T13:20:56Z2016-01-25T13:20:56Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20098This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/200982016-01-25T13:20:56ZANALISIS OPERASIONAL KELANDAIAN KHUSUS
JALAN LUAR KOTA
(Studi Kasus: Jl. Raya Kalianda, Tanjakan Tarahan
Kabupaten Lampung Selatan)abstrak
Analisis yang dilakukan mengacu pada manual yang sesuai dengan kondisi arus
lalu lintas di Indonesia. Dalam hal ini dilakukan analisis menggunakan Manual
Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk memperhitungkan kinerja lalu lintas yang
meliputi analisis operasional kelandaian khusus untuk ruas jalan luar kota.
Selanjutnya untuk menentukan kriteria tingkat pelayanan (LOS) mengacu pada
Peraturan Menteri Perhubungan No: KM 14 Tahun 2006.
Data lalu lintas diperoleh dari pencacahan jumlah kendaraan di lapangan yang
dilakukan selama 2 hari (18, 20 Oktober 2009) pada jam-jam sibuk dan disajikan
dalam bentuk tabel data kendaraan dan kemudian dianalisis kinerja lalu lintasnya.
Untuk segmen jalan luar kota, menggunakan formulir IR-1, IR-2, dan IR-3 Spec
(MKJI 1997).
Berdasarkan hasil analisis kinerja pada ruas Jl. Raya Kalianda, tanjakan Tarahan
Kabupaten Lampung Selatan, dengan metode MKJI 1997, pada tahun 2009 derajat
kejenuhan (DS) masih memenuhi kriteria kelayakan yaitu 0,59, dengan kecepatan
tempuh kendaraan ringan 37,57 km/jam dan waktu tempuh 133 detik. Sedangkan
kecepatan Truk Besar 26,59 km/jam dan waktu tempuh 191 detik. Ruas jalan
tersebut masuk kategori tingkat pelayanan kelas D.
ABSTRACT
Analysis that done to threaten in manual appropriate with traffic current condition
in indonesia. In this matter is done analysis uses the Indonesian Highway
Capacity Manual th 1997 to calculate traffic performance that cover operational
analysis specific grades to interurban roads. Furthermore to determine level of
service (LOS) threaten in minister of communication regulation No: KM 14,
2006.
Traffic data is get from survey vehicle total at field that done during 2 days
(Octobers, 18st, 20th, 2009) in busy hours and presented in the form of vehicle data
table, and then analyzed performance then rush by it. To interurban roads
segment, used form IR-1, IR-2, and IR-3 spec (IHCM 1997).
Based on performance analysis result in Jl. Raya Kalianda, Tarahan Kabupaten
Lampung Selatan, with method IHCM th 1997, in the year 2009 saturation
degrees (ds) stills to fulfil elegibility criteria that is 0,59 with actual speed light
vehicle 37,57 km/ hour and travel time 133 second. While height truck speed
26,59 km/hour and travel time 191 second. Road enter class level of service
(LOS) D.KOMARUDIN NN2016-01-21T03:17:35Z2016-01-21T03:17:35Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18357This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/183572016-01-21T03:17:35ZANALISIS OPERASIONAL KELANDAIAN KHUSUS
JALAN LUAR KOTA
(Studi Kasus: Jl. Raya Kalianda, Tanjakan Tarahan
Kabupaten Lampung Selatan)Abstrac
Analisis yang dilakukan mengacu pada manual yang sesuai dengan kondisi arus
lalu lintas di Indonesia. Dalam hal ini dilakukan analisis menggunakan Manual
Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk memperhitungkan kinerja lalu lintas yang
meliputi analisis operasional kelandaian khusus untuk ruas jalan luar kota.
Selanjutnya untuk menentukan kriteria tingkat pelayanan (LOS) mengacu pada
Peraturan Menteri Perhubungan No: KM 14 Tahun 2006.
Data lalu lintas diperoleh dari pencacahan jumlah kendaraan di lapangan yang
dilakukan selama 2 hari (18, 20 Oktober 2009) pada jam-jam sibuk dan disajikan
dalam bentuk tabel data kendaraan dan kemudian dianalisis kinerja lalu lintasnya.
Untuk segmen jalan luar kota, menggunakan formulir IR-1, IR-2, dan IR-3 Spec
(MKJI 1997).
Berdasarkan hasil analisis kinerja pada ruas Jl. Raya Kalianda, tanjakan Tarahan
Kabupaten Lampung Selatan, dengan metode MKJI 1997, pada tahun 2009 derajat
kejenuhan (DS) masih memenuhi kriteria kelayakan yaitu 0,59, dengan kecepatan
tempuh kendaraan ringan 37,57 km/jam dan waktu tempuh 133 detik. Sedangkan
kecepatan Truk Besar 26,59 km/jam dan waktu tempuh 191 detik. Ruas jalan
tersebut masuk kategori tingkat pelayanan kelas D.
Kata kunci : Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Kecepatan Tempuh, Waktu Tempuh,
Tingkat Pelayanan Jalan
Abstract
Analysis that done to threaten in manual appropriate with traffic current condition
in indonesia. In this matter is done analysis uses the Indonesian Highway
Capacity Manual th 1997 to calculate traffic performance that cover operational
analysis specific grades to interurban roads. Furthermore to determine level of
service (LOS) threaten in minister of communication regulation No: KM 14,
2006.
Traffic data is get from survey vehicle total at field that done during 2 days
(Octobers, 18st, 20th, 2009) in busy hours and presented in the form of vehicle data
table, and then analyzed performance then rush by it. To interurban roads
segment, used form IR-1, IR-2, and IR-3 spec (IHCM 1997).
Based on performance analysis result in Jl. Raya Kalianda, Tarahan Kabupaten
Lampung Selatan, with method IHCM th 1997, in the year 2009 saturation
degrees (ds) stills to fulfil elegibility criteria that is 0,59 with actual speed light
vehicle 37,57 km/ hour and travel time 133 second. While height truck speed
26,59 km/hour and travel time 191 second. Road enter class level of service
(LOS) D.
Key word : Road, Degree of Saturation, Actual Speed Light Vehicle,
Travel Time and Level of Service (LOS).KOMARUDIN NN