Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:00:54ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-25T13:20:04Z2016-01-25T13:20:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20091This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/200912016-01-25T13:20:04ZPENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND
LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
MENULIS DESKRIPSI BERBAHASA LAMPUNG PADA
SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUKARAMEDUA
BANDAR LAMPUNGAbstract
Tujuan penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) penyusunan
RPP mata pelajaran Bahasa Lampung dengan menggunakan CTL, (2) pelaksanaan
proses pembelajaran Bahasa Lampung dengan CTL, (3) pelaksanaan evaluasi
pembelajaran dengan CTL yang dilakukan Mulok Bahasa Lampung, dan (4)
peningkatan prestasi belajar siswa Mulok Bahasa Lampung kelas 5 SD N 1
Sukaramedua Bandar Lampung dengan CTL.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan (action research) dengan
penekanan terhadap proses pembelajaran Bahasa Lampung siswa kelas 5 SDN 1
Sukaramedua Bandar Lampung. Objek penelitian adalah siswa kelas 5 A dan 5 B pada
Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 60 siswa, terdiri dari 34 putri dan 26 putra.
Penelitian ini dilakukan dalam 3 (Tiga) siklus. Siklus pertama, sisw melakukan
pengamatan secara langsung pada gambar disekitar kelas. Siklus kedua, siswa
melakukan pengamatan langsung pada gambar dan benda nyata di dalam kelas. Siklus
ketiga siswa melakukan pengamatan secara langsung di lingkungan sekolah dan
melakukan kegiatan menulis deskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan penyusunan RPP Bahasa
Lampung dengan menggunakan CTL dari Siklus 1 sampai dengan Siklus 3, (2) Terjadi
peningkatan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Lampung dengan CTL yang pada
Siklus 1 komponen CTL sebagian digunakan oleh guru dalam pelaksanaan
pembelajaran meningkat menjadi seluruhnya digunakan pada Siklus 3, (3) Terjadi
peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Lampung di SDN 1
Sukaramedua Bandar Lampung yang pada Siklus 1 masih ada 55 % siswa yang tidak
aktif atau 45% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran. Pada Siklus 3 terdapat
76,66% siswa aktif mengikuti pembelajaran atau mengalami peningkatan 31,6%, dan
(4) Terjadi peningkatan prestasi belajar Bahasa Lampung kelas 5 SDN 1 Sukaramedua
Bandar Lampung dari Siklus 1 sampai dengan Siklus 3. Pada Siklus 1 nilai rata-rata
siswa adalah 62,66. Pada Siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 67,25 yang berarti
meningkat 4,59% dari nilai rata-rata Siklus 1. Pada Siklus 3 nilai rata-rata siswa 79,41
yang berarti mengalami peningkatan sebesar 12,16% dari Siklus 2 atau mengalami
peningkatan 16,75% dari Siklus 1 pembelajaran Mulok Bahasa Lampung dengan CTL.
Abstract
The general purpose of this research was describe : 1) formation of lesson plan using
CTL , 2) learning process, 3) learning evaluation, 4) progress of grade 5 student’s
learning activity in Lampung language at SDN 1 Sukarame dua, trough CTL.
Action Research was the method used in this research, by emphasizing the student’s
learning process. The research objects were all grade 5A and 5B in academic year
2009/2010, consist of 60 students ; 34 girls and 26 boys. It was held in 3 (three) cycle.
First cycle held with student’s activity in observation of picturesthose were in the
classroom. Second cycle, students did observation using picture and object in the
classroom. Third cycle, students did observation and plant some descriptive writing of
Lampung language.
Research result showed that 1) there was progress in the formation of lesson plan of
Lampung language lesson using CTL from 1 st cycle to 3 rd cycle, 2) there was progress
in the learning process using CTL; in 1 st cycle the compenents used were just several,
then in the 3rd cycle it was all used, 3) there was progress in the student learning
activity; in 1 st cycle there were 55 % students not following the lesson actively or only
45% students can follow it actively. In 3 rd cycle there were 76,6% students active
following the lesson, it was mean 31,6% increase from 1 st cycle to 3 rd cycle. 4) there
was progress in student’s learning activity from 1 st cycle to 3 rd cycle in 1 st cycle the
score average of students was 62,66. it increase become 67,25 in 2nd cycle, or 4,59%
increase from the score average of 1 st cycle. In 3 rd cycle the students average was
79,41 its mean the score was increase 16,75 % from 1 st cycle in Lampung descriptive
writing through CTL.RENY SEPTIANI NN