Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:46:25ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-25T08:01:06Z2016-01-25T08:01:06Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19736This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/197362016-01-25T08:01:06ZAnalisis Faktor Psikologis Pada Pengguna Produk Deterjen
(Studi Pada Konsumen Deterjen Di Pasar Pekalongan Lampung Timur)Abstract
Deterjen adalah sabun cuci pembersih pakaian yang berbentuk serbuk atau tepung
yang dapat berbusa bila tercampur dengan air. Deterjen dibutuhkan karena setiap
orang pasti menginginkan pakaian yang digunakan setiap hari harus selalu bersih.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kontribusi faktor
motivasi, faktor persepsi, faktor pembelajaran, faktor keyakinan dan sikap pada
pengguna produk deterjen. Dari dimensi faktor psikilogis tersebut terdapat salah
satu faktor yang paling dominan,
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif yang
tujuannya adalah memaparkan suatu fenomena serta memeriksa apakah teori yang
melandasinya masih berlaku atau tidak. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh konsumen deterjen di pasar Pekalongan Lampung Timur dengan jumlah
sampel sebanyak 85 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan
teknik convenience sampling. Untuk menganalisis data digunakan analisis faktor.
Berdasarkan hasil uji analisis faktor diketahui terdapat 17 indikator yang
membentuk 4 faktor karakteristik pembeli. Kontribusi varian dari faktor
keyakinan dan sikap sebesar 15,449 % dengan eigen values 2,626. Kontribusi
varian dari faktor persepsi adalah sebesar 14,242 % dengan eigen values 2,421.
Kontribusi varian dari faktor motivasi sebesar 11,037 % dengan eigen value
sebesar 1,876. Faktor pembelajaran mempunyai kontribusi varian sebesar
10,553% dengan eigen value sebesar 1,794.
Abstract
Detergents are cleaning clothes washing soap in the form of powder or flour
which can foam when mixed with water. Detergent is needed because everyone
will want clothes that are used every day should always be clean.
The purpose of this research is to know To know the size of motivational factors,
perceptions of factors, learning factors, beliefs and attitudes factor in detergent
product users. From the dimensions of these factors are psikologis one of the most
dominant factor.
This type of research used is descriptive research whose goal is verifikatif
describing a phenomenon and check whether the underlying theory is still valid or
not. Population in this research are all consumers of detergent in the market
Pekalongan Timur Lampung totaling 85 people. Sampling techniques in this study
using convenience sampling techniques. To analyze the data used factor analysis.
Based on analysis of test results are known factors that make up the 17 indicators
of 4 factors. The contribution factor variant of beliefs and attitudes of 15.449%
with 2,626 eigen values. Contribution of variants of factor is the perception of
14.242% with 2.421 eigen values. Contributions variants of motivational factors
of 11.037% with the eigen value of 1.876. Learning factor variance contribution
of 10.553% with the eigen value of 1.794.Reza Yoga Subarkah NN2016-01-15T07:15:27Z2016-01-15T07:15:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17988This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/179882016-01-15T07:15:27ZAnalisis Faktor Psikologis Pada Pengguna Produk Deterjen
(Studi Pada Konsumen Deterjen Di Pasar Pekalongan Lampung Timur)Abstract
Deterjen adalah sabun cuci pembersih pakaian yang berbentuk serbuk atau tepung
yang dapat berbusa bila tercampur dengan air. Deterjen dibutuhkan karena setiap
orang pasti menginginkan pakaian yang digunakan setiap hari harus selalu bersih.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kontribusi faktor
motivasi, faktor persepsi, faktor pembelajaran, faktor keyakinan dan sikap pada
pengguna produk deterjen. Dari dimensi faktor psikilogis tersebut terdapat salah
satu faktor yang paling dominan,
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif yang
tujuannya adalah memaparkan suatu fenomena serta memeriksa apakah teori yang
melandasinya masih berlaku atau tidak. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh konsumen deterjen di pasar Pekalongan Lampung Timur dengan jumlah
sampel sebanyak 85 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan
teknik convenience sampling. Untuk menganalisis data digunakan analisis faktor.
Berdasarkan hasil uji analisis faktor diketahui terdapat 17 indikator yang
membentuk 4 faktor karakteristik pembeli. Kontribusi varian dari faktor
keyakinan dan sikap sebesar 15,449 % dengan eigen values 2,626. Kontribusi
varian dari faktor persepsi adalah sebesar 14,242 % dengan eigen values 2,421.
Kontribusi varian dari faktor motivasi sebesar 11,037 % dengan eigen value
sebesar 1,876. Faktor pembelajaran mempunyai kontribusi varian sebesar
10,553% dengan eigen value sebesar 1,794.
Abstract
Detergents are cleaning clothes washing soap in the form of powder or flour
which can foam when mixed with water. Detergent is needed because everyone
will want clothes that are used every day should always be clean.
The purpose of this research is to know To know the size of motivational factors,
perceptions of factors, learning factors, beliefs and attitudes factor in detergent
product users. From the dimensions of these factors are psikologis one of the most
dominant factor.
This type of research used is descriptive research whose goal is verifikatif
describing a phenomenon and check whether the underlying theory is still valid or
not. Population in this research are all consumers of detergent in the market
Pekalongan Timur Lampung totaling 85 people. Sampling techniques in this study
using convenience sampling techniques. To analyze the data used factor analysis.
Based on analysis of test results are known factors that make up the 17 indicators
of 4 factors. The contribution factor variant of beliefs and attitudes of 15.449%
with 2,626 eigen values. Contribution of variants of factor is the perception of
14.242% with 2.421 eigen values. Contributions variants of motivational factors
of 11.037% with the eigen value of 1.876. Learning factor variance contribution
of 10.553% with the eigen value of 1.794.Reza Yoga Subarkah NN