Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:46:29ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-10-10T03:50:45Z2015-10-10T03:50:45Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13250This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/132502015-10-10T03:50:45ZPENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN LAYANAN
KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI
3 NATAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015abstrak indonesia
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan interaksi sosial dengan
Layanan Konseling Kelompok pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Natar
tahun pelajaran 2014/2015. Masalah dalam penelitian ini adalah interaksi sosial
rendah. Permasalahan dalam penelitian adalah “apakah interaksi sosial siswa
dapat ditingkatkan dengan layanan konseling kelompok pada siswa kelas VIII di
SMP Negeri 3 Natar tahun pelajaran 2014/2015.
Metode yang di gunakan adalah quasi eksperimen dengan desain one-group
pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak 11 siswa kelas VIII E yang memiliki
interaksi sosial rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman
observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa dapat ditingkatkan
dengan menggunakan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan hasil analisis data
menggunakan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung =
-2.935 < z tabel = 0 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya kemampuan
interaksi sosial siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan Konseling
Kelompok.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah interaksi sosial dapat ditingkatkan dengan
menggunakan Layanan Konseling Kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Natar Tahun Pelajaran 2014/2015.
Saran yang diberikan (1) Siswa hendaknya mengikuti kegiatan layanan konseling
kelompok jika mengalami interaksi sosial yang rendah agar dapat merubah
perilaku interaksi sosial nya. (2) Kepada guru bimbingan dan konseling
hendaknya menjadikan konseling kelompok sebagai salah satu program unggulan
dalam program bimbingan dan konseling di sekolah (3) Siswa yang mengalami
interaksi sosial yang rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling
kelompok dan kepada peneliti lain hendaknya dapat mendalami permasalahan
yang terjadi hingga siswa dapat meningkatkan interaksi sosialnya untuk
berkepanjangan .
Kata kunci: Bimbingan Konseling, Interaksi sosial,Konseling Kelompok.1113052036 NORMA INDAH PRATIWInorma_sweety26@yahoo.com