Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:46:45ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-10-21T03:05:54Z2014-10-21T03:05:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4417This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/44172014-10-21T03:05:54ZPROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAJABASA BANDAR LAMPUNGAbstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pembelajaran IPA sesuai dengan standar proses, pendekatan saintifik dan pembelajaran konstruktivisme pada kelas III Sekolah Dasar di Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh adalah guru kelas III yang mengajar IPA pada SD Negeri yang berjumlah 6 guru. Data diperoleh dari lembar observasi kegiatan pembelajaran dianalisis dan dibandingkan dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan pembelajaran konstruktivisme. Data berupa deskripsi tentang pelaksanaan proses pembelajaran yang diperoleh melalui lembar observasi kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru-guru kelas III pada SD Negeri di Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung adalah kurang sesuai dengan standar proses, pendekatan saintifik dan
pembelajaran konstruktivisme. Hal ini karena terdapat 83,4% guru yang melaksanakan pembelajaran kurang sesuai dengan standar proses. Terdapat terdapat 66,7% guru yang melaksanakan pembelajaran kurang sesuai dengan pendekatan saintifik. Terdapat 66,7% guru yang melaksanakan pembelajaran kurang sesuai dengan pembelajaran konstruktivisme.
Kata kunci: pembelajaran IPA, pembelajaran konstruktivisme, pendekatan saintifik, profil guru, standar proses1013024013 NOVALIA ARISKA2014-10-14T02:28:15Z2014-10-14T02:28:15Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4128This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/41282014-10-14T02:28:15ZPROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAJABASA
BANDAR LAMPUNGPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pembelajaran IPA sesuai dengan standar proses, pendekatan saintifik dan pembelajaran konstruktivisme pada kelas III Sekolah Dasar di Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh adalah guru kelas III yang mengajar IPA pada SD Negeri yang berjumlah 6 guru. Data diperoleh dari lembar observasi kegiatan pembelajaran dianalisis dan dibandingkan dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan pembelajaran konstruktivisme. Data berupa deskripsi tentang pelaksanaan proses pembelajaran yang diperoleh melalui lembar observasi kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru-guru kelas III pada SD Negeri di Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung adalah kurang sesuai dengan standar proses, pendekatan saintifik dan
pembelajaran konstruktivisme. Hal ini karena terdapat 83,4% guru yang melaksanakan pembelajaran kurang sesuai dengan standar proses. Terdapat terdapat 66,7% guru yang melaksanakan pembelajaran kurang sesuai dengan pendekatan saintifik. Terdapat 66,7% guru yang melaksanakan pembelajaran kurang sesuai dengan pembelajaran konstruktivisme.
Kata kunci: pembelajaran IPA, pembelajaran konstruktivisme, pendekatan saintifik, profil guru, standar proses1013024013 NOVALIA ARISKA