Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:34:40ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-06-16T05:03:26Z2016-06-16T05:03:26Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22542This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/225422016-06-16T05:03:26ZPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULISKAN KEMBALI
DONGENG DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA AUDIO VISUAL
PADA SISWA KELAS VII SMPN 19 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2015-2016Masalah yang diteliti dalam penelitan ini adalah bagaimanakah meningkatkan
keterampilan menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar siswa dengan
memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Kompetensi
Dasar (KD) menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar siswa dengan
menggunakan media tersebut; pelaksanaan pembelajaran menuliskan kembali
dongeng yang pernah didengar siswa; penilaian keterampilan menuliskan kembali
dongeng yang pernah didengar siswa; dan peningkatan keterampilan menuliskan
kembali dongeng yang pernah didengar siswa dengan menggunakan media
tersebut.
Model penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (class action
research), yang dilaksanakan di SMPN 19 Bandarlampung, dengan subjek
penelitian siswa kelas VII B dan satu orang guru bahasa Indonesia. Penelitian ini
terdiri dari dua siklus, siklus I dilaksanakan pada Sabtu, 07 November 2015,
sedangkan siklus II dilaksanakan pada Jumat, 13 November 2015. Tiap siklusnya
terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilakukan antara peneliti dan
kolaborator. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif
berdasarkan prinsip PTK..
Hasil penelitian menunjukkan RPP pada KD menuliskan kembali dongeng yang
pernah didengar siswa dengan memanfaatkan media audio visual, telah disusun
dengan baik dengan memanfaatkan media tersebut. Pelaksanaan pembelajaran
keterampilan menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar dengan
memanfaatkan media audio visual telah mengubah suasana pembelajaran jadi
menyenangkan dan terjadi peningkatan aktivitas siswa dan guru yaitu, skor
aktivitas pada siklus I 86,0, kemudian meningkat menjadi 94,0 pada siklus II.
Penilaian keterampilan menuliskan kembali dongeng telah sesuai, yaitu
menggunakan tes unjuk kerja dan rubrik penilaian. Ada peningkatan keterampilan
menuliskan kembali dongeng yang pernah didengar siswa dengan memanfaatkan
media ini, yaitu saat prasiklus skor rata-rata siswa 56,3, pada siklus pertama
meningkat menjadi 76,6, dan siklus kedua meningkat lebih baik 90,4.
Kata kunci: Keterampilan menulis, media audio visual.
ABSTRACT
The issues examined in this study is how to improve the rewriting fairy tale skills
that student ever heard by using audio visual media. This study aims to describe ;
lesson plan (RPP) on basic competencies (KD) rewriting fairy tale that student
ever heard by using the media, skills assessment rewriting fairytale, upgrading
rewriting fairytale skills.
Models of research is classroom action research which is executed at SMPN 19
Bandarlampung. Research subjects are students of class VII B and one Bahasa
Indonesia teacher. Study consisted of two cycles. Cycle I conducted on Saturday,
November 7, 2015 and cycle II conducted on Friday, November 13, 2015.
Consists of four stages; planning, implementation, observation and reflection.
This research is a collaborative research conducted between researchers and
collaborators. Data collection techniques used are test, observation and
documentation. Data were analyzed qualitatively and quantitatively based on the
principle of classroom action research.
The results showed lesson plan at basic competencies rewriting fairytale that
student ever heard using audio visual media have been prepared well by utilizing
the media. Implementation rewriting fairytale has turned into a pleasant learning
atmosphere and an increase in activity of students and teachers. Activity score in
cycle 1, 86,0 then increased to 94,0 in the second cycle. Skills assessment rewrite
fairy tales have been successful. There is an increasing skills rewriting fairytale by
using media. When pre-cycle the average score of students are 56,3 on first cycle
to 76,6 on second cycle increased better 90,4.
Keyword: Writing skills, audio visual media.1423041020 NURLELAWATI buk.lela67@yahoo.com