Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:21:32ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-07-29T04:15:37Z2017-07-29T04:15:37Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27610This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/276102017-07-29T04:15:37ZPENGEMBANGAN LKPD TEMA EKOSISTEM MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
ABSTRACT
The aims of this research was to describe the validation, practice and the
effectiveness LKPD theme ecosystems through project based learning toward
fifth grade of elementary school. This research was Research and Development
method which adapted by Borg and Gall. Collected data used observation,
questionnaires, test, and interview, then were analyzed by interactive of teaching
material and used LKPD LKPD theme ecosystems through project based
learning, data analyzed result was showed that LKPD theme ecosystems through
project based learning were effective and attracted to increase the student’s score
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan
dan keefektifan LKPD tema ekosistem melalui model pembelajaran proyek
(project based learning) pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Bandar
Lampung. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Reseach
and development) yang diadaptasi dari model Borg and Gall. Pengumpulan data
menggunakan observasi, angket, tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis
secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah bahan ajar
berupa LKPD dengan pendekatan proyek tema ekosistem, analisis data
menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan proyek pada tema ekosistem
efektif dan menarik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: LKPD, efektivitas, pembelajaran berbasis proyek, dan hasil belajar 1423053048 NURLIYANTInurkiyanti579@gmail.com