Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:44:43ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-11-25T08:28:08Z2016-11-25T08:28:08Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24531This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/245312016-11-25T08:28:08ZEFEKTIVITAS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI
SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA
KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 TEGINENENG KABUPATEN
PESAWARAN TAHUN AJARAN 2015/2016ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan lingkungan
sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 2 Tegineneng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian eksperimen yang menggunakan kelompok eksperimen XI IPS 1
dan kelompok kontrol XI IPS 2. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu
pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dan variabel terikat yaitu hasil
belajar geografi siswa kelas XI IPS. Teknik analisis uji hipotesis data yang
digunakan adalah uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan
lingkungan sebagai sumber belajar geografi efektif dalam meningkatkan hasil
belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tegineneng Kecamatan Tegineneng
Kabupaten Pesawaran. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji
hipotesis menggunakan uji t-test dan effect size dengan nilai ketuntasan sebesar
85,72% pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol hanya memiliki nilai
ketuntasan sebesar 42,86% serta hasil uji efek dalam kriteria tinggi. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai sumber
belajar geografi lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan
penggunaan metode ceramah. Perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas
eksperimen dengan kelas kontrol terlihat pada indikator yang telah dicapai. Hasil
penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
lebih efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa.
Kata kunci: Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar, Hasil Belajar
Geografi.
ABSTRACT
The aims of this research are to know the effectiveness of using the school
environment as learning resource toward students’ geography outcome for the
eleventh grade at SMA Negeri 2 Tegineneng. The method of the research uses the
experimental research which uses XI IPS 1 as experimental class and XI IPS 2 as
control class. This research use independent variable that is using the school
environment as learning resource and dependent variable is students’ geography
outcome at class of XI IPS. Technique for analyzing data for hypothesis testing is
using t-test. The result of this research show that using the environment as
learning resourceof geography is effective in improving students’ outcome at class
of XI IPS SMA Negeri 2 Tegineneng, Tegineneng, Pesawaran. It is evidenced by
the calculations result of hypothesis testing use t-test and effect size is 85, 72% in
experimental class and control class is 42, 86% and the result of effect test is
higher criteria. This result show that learning uses the environment as resource of
geography outcome is more effective to apply in learning process than discourse
technique. The differences of the average of experimental class and control class
can be seen in indicator that has been achieved. The result of the study show that
using the environment as learning resource is more effective to apply in
improving students’ geography outcome.
Keyword: Using The Environment as Learning Resource, Geography Outcome
1213034054 NUR HUMAIROH nurhumairoh15@yahoo.com