Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:37:44ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-10-31T08:58:52Z2014-10-31T08:58:52Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5057This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/50572014-10-31T08:58:52ZPENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMPBerdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan diketahui bahwa kegiatan
pembelajaran yang melibatkan penilaian siswa dalam pembelajaran terkadang
sudah diterapkan, namun penilaian siswa untuk aspek proses pembelajaran
jarang dilakukan karena guru lebih sering menilai siswa dari hasil belajar,
padahal penilaian berupa hasil kegiatan kurang mampu menunjukkan
kemampuan dari tiap individu siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka
tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian
keterampilan metakognisi yang memuat kompetensi, materi, uraian tugas,
paduan penggunaan, rubrik (panduan penskoran) dan lembar penilaian
keterampilan metakognisi.
Pengembangan instrumen penilaian keterampilan metakognisi mengadaptasi
model pengembangan instrumen penilaian keterampilan metakognisi
termodifikasi yang diadaptasi dari prosedur pengembangan produk dan uji
produk menurut Asyar. Mengacu pada model pengembangan tersebut yang
meliputi: penelitian pendahuluan, pengembangan produk, validasi ahli, uji
Nelly Mustika Ayu
coba lapangan yang terdiri dari uji satu lawan satu dan kelompok. Hasil uji
ahli menunjukkan instrumen penilaian keterampilan metakognisi yang
dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai
instrumen penilaian. Hasil uji lapangan menunjukkan instrumen penilaian
keterampilan metakognisi efektif dengan skor 76,7% digunakan sebagai
instrumen penilaian. Kualitas instrumen penilaian keterampilan metakognisi:
menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat.
Kata kunci: pengembangan, instrumen penilaian keterampilan metakognisi,
pembelajaran IPA0913022102 Nelly Mustika Ayu2014-08-18T04:05:57Z2014-08-18T04:05:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2459This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24592014-08-18T04:05:57ZPENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMPBerdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan diketahui bahwa kegiatan
pembelajaran yang melibatkan penilaian siswa dalam pembelajaran terkadang
sudah diterapkan, namun penilaian siswa untuk aspek proses pembelajaran
jarang dilakukan karena guru lebih sering menilai siswa dari hasil belajar,
padahal penilaian berupa hasil kegiatan kurang mampu menunjukkan
kemampuan dari tiap individu siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka
tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian
keterampilan metakognisi yang memuat kompetensi, materi, uraian tugas,
paduan penggunaan, rubrik (panduan penskoran) dan lembar penilaian
keterampilan metakognisi.
Pengembangan instrumen penilaian keterampilan metakognisi mengadaptasi
model pengembangan instrumen penilaian keterampilan metakognisi
termodifikasi yang diadaptasi dari prosedur pengembangan produk dan uji
produk menurut Asyar. Mengacu pada model pengembangan tersebut yang
meliputi: penelitian pendahuluan, pengembangan produk, validasi ahli, uji Nelly Mustika Ayu
coba lapangan yang terdiri dari uji satu lawan satu dan kelompok. Hasil uji
ahli menunjukkan instrumen penilaian keterampilan metakognisi yang
dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai
instrumen penilaian. Hasil uji lapangan menunjukkan instrumen penilaian
keterampilan metakognisi efektif dengan skor 76,7% digunakan sebagai
instrumen penilaian. Kualitas instrumen penilaian keterampilan metakognisi:
menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat.
Kata kunci: pengembangan, instrumen penilaian keterampilan metakognisi,
pembelajaran IPA0913022102 Nelly Mustika Ayu