Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:09:58ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-12-27T06:14:27Z2016-12-27T06:14:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24892This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/248922016-12-27T06:14:27ZPENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MEMILIH JASA LAUNDRY DI REFRESH LAUNDRY BANDAR LAMPUNGABSTRAK
Pemasaran memfasilitasi proses pertukaran dan pengembangan hubungan dengan
konsumen dengan cara mengamati secara cermat kebutuhan dan keinginan
konsumen yang dilanjutkan dengan mengembangkan suatu produk yang
memuaskan kebutuhan konsumen dan menawarkan produk tersebut pada harga
tertentu serta mendistribusikannya agar tersedia di tempat - tempat yang menjadi
pasar bagi produk bersangkutan. Kepercayaan merek mempunyai hubungan yang
cukup kuat dengan kepuasan pelanggan. Orang pemasaran tertarik pada
kepercayaan yang dirumuskan seseorang mengenai produk dan jasa tertentu,
karena kepercayaan menyusun citra produk yang mempengaruhi perilaku
pembelian, termasuk untuk jasa pencucian laundry.
Masalah muncul ketika persaingan pasar pencucian pakaian makin ketat akhir -
akhir ini dengan muncul nya merek-merek baru sebagai pesaing Refresh Laundry.
Permasalahannya adalah, apakah kepercayaan merek berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan memilih jasa laundry di Refresh Laundry Bandar
Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara
bersama- sama maupun secara parsial variabel karakteristik merek, karakteristik
perusahaan dan karakteristik konsumen-merek terhadap kepuasan pelanggan
memilih jasa laundry di Refresh Laundry Bandar Lampung.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari
100 responden yang berada di Kota Bandar Lampung dengan menggunakan
kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah non random sampling. Alat analisis yang digunakan pada
penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yaitu kepuasan pelangggan
terhadap pelayanan jasa Refresh Laundry di Bandar Lampung dipengaruhi oleh
Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan dan Karakteristik Konsumen-
Merek. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 84,2%
sedangkan sisanya 15,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil
penelitian didapatkan hasil bahwa kepercayaan merek yang terdiri terdiri dari
karakteristik merek (β = 0,166), karakteristik perusahaan (β = 0,250) dan
karakteristik konsumen-merek (β = 0,917) berpengaruh positif terhadap kepuasan
pelangggan.1211011112 Ni Luh Putu Siska Maharani Adnyanasiskamaharaniadnyana@yahoo.com