Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:00:26ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-12-01T02:36:04Z2014-12-01T02:36:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5500This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55002014-12-01T02:36:04ZPengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pokok Dunia TumbuhanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kuartet terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi dunia tumbuhan di SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X7 dan X8 SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u dengan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa motivasi siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu kuartet yang dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kuartet dapat memotivasi siswa yaitu hal-hal yang dipelajari dalam pembelajaran ini bermanfaat bagi siswa (100%), gambar juga memberikan manfaat dalam pembelajaran dan mengetahui membuat siswa antusias dengan pembelajaran. Materi dalam pembelajaran menarik perhatian, mudah sehingga (93,33%) siswa aktif dalam pembelajaran. Namun (93,33%) siswa merasa memperoleh penghargaan dan puas terhadap pembelajaran. Selanjutnya hasil belajar dibuktikan dengan rata-rata postes 66,80 ± 13,35. Namun tidak sesuai dengan KKM di sekolah tersebut yaitu 70. Selanjutnya peningkatan hasil belajar oleh siswa juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1, dan C2) dengan rata-rata N-gain pada indikator C1 sebesar 10,55 ± 4,36; indikator C2 1,45 ± 0,79. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen adalah 82,50 ± 7,50 dengan kriteria baik. Selain itu, semua siswa (100%) merasa senang terhadap pembelajaran dengan menggunakan media kartu kuartet. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan media kartu kuartet memotivasi belajar siswa tetapi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.
1013024054 QURRATU AINI NA'IMAqurratu.aini@rocketmail.com