Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:30:15ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-05-17T03:46:21Z2022-05-17T03:46:21Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61147This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/611472022-05-17T03:46:21ZPENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN
MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR
MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V
DI SEKOLAH DASARMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta
didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi
keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dan pendekatan data
kuantitatif. Populasi berjumlah 51 peserta didik, karena kurang dari 100 maka
semua dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian adalah tes dan
non-tes dan untuk menganalisis data menggunakan rumus regresi sederhana dan
regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh kondisi sosial
ekonomi keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar
matematika peserta didik.
Kata kunci: hasil belajar, kondisi sosial ekonomi keluarga, motivasi belajar,
pembelajaran matematika.
The problem in this research is the low of mathematics achievement of students.
This research aims to determine the influence of family socio economic conditions
and learning motivation on mathematics achievement of students. This research
used ex post facto research and quantitative data approach. The population and
sample is 51 students, because it was less than 100, all of them were sampled in
this study. The research instrument was tests and non-tests and to analyze the data
using simple regression multiple regression formulas. The result of the study
showed that there was an influence of family socio economic conditions and
learning motivation on mathematics achievement of students.
Keywords: learning achievement, family socio economic conditions, learning
motivastion, Mathematics learningRachel Khairunnisa RACHEL KHAIRUNNISArachel.khn97@gmail.com