Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:42:43ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-04-01T08:56:31Z2022-04-01T08:56:31Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57285This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/572852022-04-01T08:56:31ZPENGARUH MINAT BELAJAR, GAYA BELAJAR DAN AKTIVITAS
BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 2 TERUSAN
NUNYAI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2017/2018Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar, gaya belajar
dan aktivitas belajar siswa melalui motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS
Terpadu kelas VIII SMP Negeri 2 Terusan Nunyai. Teknik analisis menggunakan
Regresi Linear dan Path Analysis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah deskriptif verifikatifdengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 118 orang dan sample 91 orang. Teknik pengambilan
sample dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan simple
random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh simultan antara
minat belajar, gaya belajar dan aktivitas belajar melalui motivasi belajar terhadap hasil
belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Terusan Nunyai sebesar 76,5%.
Kata Kunci: Minat Belajar, Gaya Belajar, Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil
Belajar
The purpose of this study was to determine the effect of learning interest, learning
style, and student learning activities through student learning motivation of grade VIII
Integrated Social Studies learning outcomes of SMP Negeri 2 Terusan Nunyai. The
analysis techniques used are Linear Regression and Path Analysis. The research
method used in this study is descriptive verification with ex post facto approaches and
surveys. The population in this study were 118 people and the sample were 91 people.
The sampling technique in this study is probability sampling using simple random
sampling. The results showed that there was a simultaneous influence between interest
in learning, learning styles, and learning activities through learning motivation towards
learning outcomes of grade VIII students of SMP Negeri 2 Terusan Nunyai academic
year of 76.5%.
Keywords : interest in learning, learning styles, learning activities, learning
outcomes15130310001 RAHMI AFRIZAL-