Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:54:53ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-01-05T03:44:26Z2018-01-05T03:44:26Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29730This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/297302018-01-05T03:44:26ZPENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU
BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN
EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP IPAPenelitian ini bertujuan menghasilkan buku petunjuk praktikum IPA terpadu
berbasis inkuiri terbimbing yang memiliki validitas, kepraktisan, dan keefektivan
dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep IPA. Penelitian
pengembangan ini meliputi tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan
dan pengujian. Tahap pendahuluan dan pengembangan menghasilkan buku
petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing. Validasi buku
petunjuk praktikum dilakukan oleh validator yang ahli dalam bidang pendidikan
IPA. Uji coba terbatas dilakukan pada 15 siswa kelas IX. Pengambilan sampel
tahap pengujian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, angket dan tes. Kesimpulan penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Validitas buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis
inkuiri terbimbing untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep IPA
memenuhi kriteria valid; 2) Kepraktisan buku petunjuk praktikum IPA terpadu
berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan
ii
konsep IPA memiliki kepraktisan sangat tinggi; 3) Keefektivan buku petunjuk
praktikum IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan efikasi
diri dan penguasaan konsep IPA sangat tinggi.
Kata kunci: Buku Petunjuk Praktikum, Inkuiri Terbimbing, Efikasi Diri,
Penguasaan Konsep I
abstract
This research aims to produce guided books for integratid practicum in natural
science based on guided inquiri. This research has found the validity, the high
practical and the effectiveness in improving self efficacy to master the concept of
natural science. This development research included three stages: preliminary, the
development and testing. The preliminary stage and development resulted the
guided book for practikum in natural science which performed by the relevan
validators. Sampling of testing the data technique by teknik purposive sampling.
The datas were collected by using observation, questionnaire, and test. The result
of the research showed that: (1) The validation practicum quided of natural
science book bassed on the guided inquiry is improved and could be used in
increasing self efficacy and physical concept. (2) The practicality of the quided
practicum book in natural science based on guided inquiry improving self efficacy
and mastering of natural science concept had high execution lavel. (3) The
iv
effectiveness of practicum guided book of natural science based on guided inquiry
improving self efficacy and mastering natural science concept is hight.
Keywords: Practicum guided book, guided inkuiry, self eficacy, mastering of
science concept1423025012 RATNA DEWI ANDRIANI ratna_dewiandriani@yahoo.co.id