Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:49:24ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-02-03T08:20:18Z2017-02-03T08:20:18Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25468This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/254682017-02-03T08:20:18ZPERANAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI RELAWAN DALAM
MEMOTIVASI SEMANGAT BELAJAR ANAK
(STUDI PADA TAMAN BACA MASYARAKAT KAMPUNG MERDEKA
TELUK BETUNG BARAT)Komunikasi antarpribadi adalah proses komunikasi yang dianggap paling efektif
untuk menerapkan suatu pendekatan dalam rangka mencapai tujuan yang
diharapkan. Salah satunya adalah komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh
relawan dalam memotivasi semangat belajar anak di Taman Baca Masyarakat
Kampung Merdeka, Teluk Betung Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimanakah peranan komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh
relawan dalam memotivasi semangat belajar anak di Taman Baca Masyarakat
Kampung Merdeka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
Joseph de Vito, dengan pendekatan aspek humanistik yaitu keterbukaan,empati,
sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Penelitian ini menggunakan tipe
penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara
mendalam dengan para informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
komunikasi antarpribadi yang diterapkan relawan kepada anak terbukti berperan
dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Taman Baca Masyarakat Kampung
Merdeka. Dari kelima aspek humanistik tersebut, semuanya berhasil diterapkan
oleh para relawan ke anak. Hanya saja, dariaspek sikap positif anakkepada para
relawan masih kurang baik.
Kata kunci : Komunikasi antarpribadi, pendekatan humanistik, anak, motivasi
belajar.
abstract
Interpersonal communication is the process of communication that is
considered the most effective to implement an approach to achieve the expected
goals. One of them is interpersonal communication that is done by the
volunteers in encouraging children learning motivationin Kampung Merdeka
Community Library, Teluk Betung Barat. The purpose of this research was to
find out how the role of interpersonal communication that is done by the
volunteers in encouraging children learning motivation at Kampung Merdeka
Community Library, Teluk Betung Barat. A study used theory of humanistic
approach by Joseph de Vito; openness, empathy, supportiveness, positiveness,
and equality. This research used qualitative method the data were collected
through in-depth interviews with the informants. The results of this research
indicate that interpersonal communication which being implemented by the
volunteers to the children is proven to increase their learning motivation in
Kampung Merdeka Community Library, Teluk Betung Barat. From the five
aspects of humanistic approach, all of them are successfully implemented by
volunteers to children. Yet, positive attitude aspect from children to the
volunteers is still not well enough.
Keywords: Interpersonal communication, humanistic approach, children,
learning motivation1216031090 RESSY SEPTIANA ressyseptiana@live.com