Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:50:52ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-08-06T07:49:54Z2018-08-06T07:49:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32627This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/326272018-08-06T07:49:54ZPENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING
TIPE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA
KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR
TAHUN PELAJARAN 2017/2018Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD
Negeri 10 Metro Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang
positif dan signifikan penggunaan model cooperative learning tipe script terhadap
hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen. Populasi berjumlah 43 siswa yang semuanya
dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
studi dokumentasi dan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa soal pilihan
jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis validitas dan reliabilitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan pada
penggunaan model cooperative learning tipe script terhadap hasil belajar IPS
siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 2,72, sedangkan ttabel sebesar 2,02.
Perbandingan tersebut menunjukkan (2,72 > 2,02) berarti Ha diterima.
Kata kunci: hasil belajar IPS, model cooperative learning tipe script 1413053104 RESTU FITRIYANINGSIHrestupipit@gmail.com