Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:42:19ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-08-09T04:42:10Z2018-08-09T04:42:10Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32758This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/327582018-08-09T04:42:10ZSTRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013 DI SDN 2 RAWALAUT
BANDAR LAMPUNGPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam
implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Rawalaut, dengan fokus penelitian
(1) Kinerja pendidik dalam implementasi kurikulum 2013; (2) Usaha kepala
sekolah untuk meningkatkan kinerja pendidik; dan (3) Kendala kepala sekolah
untuk meningkatkan kinerja pendidik. Metode penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian: Kinerja
pendidik, pendidik sudah baik dan profesional yang mencakup membuat RPP;
menguasai materi pembelajaran; menggunakan media; mengajar berpusat pada
peserta didik; dan memiliki kepribadian yang baik dan disiplin. Usaha kepala
sekolah, bentuk usaha kepala sekolah pada aspek kinerja pendidik sudah berjalan
dengan baik dan maksimal yang mencakup peningkatan kinerja pendidik dalam
forum ilmiah; pengawasan atau supervisi kinerja pendidik; kedisiplinan pendidik;
penyediaan sarana dan media pembelajaran; dan kesejahteraan pendidik. Kendala
kepala sekolah, terdapat pendidik yang belum menguasai IT.
Kata kunci: kepala sekolah, kinerja guru, kurikulum 2013, strategi.
iii
ABSTRACT
This study aims to describe the principal's strategy in the implementation of the
2013 curriculum in SD Negeri 2 Rawalaut, with the focus of research (1) Teacher
Performance in Curriculum Implementation 2013; (2) Principal Efforts to
Improve Teacher Performance; and (3) Principal Obstacles to Improve Teacher
Performance. The research method used is qualitative approach with case study
design. Result of research: The performance of teachers, teachers are good and
professional that includes making RPP; mastering learning materials; using
media; student-centered teaching; and has a good personality and discipline. The
principal's effort, the principal's effort on the teacher's performance aspect has
been running well and maximally covering the improvement of teacher's
performance in scientific forums; supervision of teacher performance; teacher
discipline; provision of facilities and learning media; and teacher welfare.
Obstacles of the principal, there are teachers who have not mastered IT.
Keywords: curriculum 2013, school head, strategy, teacher performance
1413053106 RESTY RAGELSY ARLEAND restyragelsy@gmail.com