Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:13:22ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-04-25T07:39:48Z2016-04-25T07:39:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21883This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/218832016-04-25T07:39:48ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
(Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Kartika II-2
Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016)Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model
pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.
Desain yang digunakan adalah posttest-only control design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung
tahun pelajaran 2015/ 2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII 2 dan
VII 3 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data pemahaman
konsep matematis siswa diperoleh melalui tes. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah tidak efektif ditinjau dari
pemahaman konsep matematis siswa namun pemahaman konsep pada model
pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada pemahaman konsep pada
model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : efektivitas, pemahaman konsep matematis, pembelajaran berbasis
masalah1213021060 REZA SELVIArezaselvia@ymail.com