Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:34:37ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-07-19T07:00:00Z2018-07-19T07:00:00Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32210This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/322102018-07-19T07:00:00ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR
SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA
PEMBELAJARAN TEMATIKMasalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV
A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen di SD Negeri 4
Pagelaran tahun pelajaran 2017/2018, yang diperoleh melalui teknik purposive
sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental
dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Instrumen dalam
penelitian ini adalah tes untuk mengetahui kemampuan kognitif dan non-tes untuk
mengetahui aktivitas peserta didik. Data di analisis dengan menggunakan regresi
linear sederhana dan uji U Mann-Whitney. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa
ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil
belajar pada pembelajaran tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Pagelaran
tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci : hasil belajar, Think Pair Share, pembelajaran tematik.
abstract
The problem of this research is the low learning outcomes of students towards
thematic learning. The aim of this research is to find out the influence of the
cooperative learning's model of Think Pair Share types towards the students
learning's outcome in thematic learning. Sample of this research are the students of
IV A class as the control class and IV B class as the experiment class in SD Negeri 4
Pagelaran from academic year 2017/2018 batch, which is gained by purposive
sampling technique. Method of research used by the writer is quasi experimental with
nonequivalent control group as research design. The instrument in this study is a test
to determine the cognitive and non-test capabilities to determine the activities of
learners. The Data is analyzed by using simple linear regression and U Mann-
Whitney test. This reseach resulted that cooperative learning model of Think Pair
Share type gives influence into the learning outcomes on thematic learning towards
students in the fourth grade of SD Negeri 4 Pagelaran academic year 2017/2018.
Keywords : learning outcomes, Think Pair Share, thematic learning1443053047 RIDWAN RISKI YUWARDI ridwanriski45@gmail.com