Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:50:14ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-10-23T01:56:57Z2018-10-23T01:56:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37269This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/372692018-10-23T01:56:57ZHUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN AKTIVITAS
BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI
PROJECT BASED LEARNING KELAS IV
SD NEGERI 5 METRO PUSATMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas
IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar,
untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar, untuk
mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan aktivitas belajar secara
bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah expostfacto
korelasi, dengan populasi 72 orang, sampel yang digunakan adalah
sampling jenuh. Teknik pengumplan data yang dilakukan adalah observasi, tes
formatif, angket, dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi
product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukan
terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional
dengan hasil belajar peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,45
berada pada taraf rendah. Terdapat hubungan yang signifikan dan positif
antara aktivitas belajar dengan dengan hasil belajar peserta didik dengan
koefisien korelasi sebesar 0,10 berada pada taraf rendah. Terdapat hubungan
yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dan aktivitas belajar
secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 5
Metro Pusat ditunjukkan dengan kofisien kolerasi sebesar 0,47 berada pada
taraf sedang.
Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, kecerdasan emosional,
abstract
The problem in this study is the low learning outcomes of fourth grade students of
SD Negeri 5 Metro Pusat. The purpose of this study was to determine the
significant relationship between emotional intelligence and learning outcomes, to
determine the relationship of learning activities with learning outcomes, to
determine the relationship of emotional intelligence and learning activities
together with the learning outcomes of students. This type of research is expostfacto
correlation, with a population of 72 people, the sample used is saturated
sampling. Data collection techniques carried out are observation, formative tests,
questionnaires, documentation. Hypothesis testing uses product moment and
multiple correlation correlation formulas. The results showed that there was a
significant and positive relationship between emotional intelligence and learning
outcomes of students with a correlation coefficient of 0.45 at a low level. There is
a significant and positive relationship between learning activities with the learning
outcomes of students with a correlation coefficient of 0.10 at a low level. There is
a significant and positive relationship between emotional intelligence and learning
activities together with the learning outcomes of students in grade IV of SD
Negeri 5 Metro Pusat shown by the correlation coefficient of 0.47 is at a moderate
level.
Keywords: learning activities, learning outcomes, emotional intelligence,1413053109 RIKA MUSLIKHAH rikamuslikha3@gmail.com