Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:29:47ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-08-25T06:50:39Z2015-10-30T02:35:53Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11973This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/119732015-08-25T06:50:39ZNILAI-NILAI KEHIDUPAN SOSIAL DALAM SYAIR LAGU H. RHOMA
IRAMA DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI
SMPMasalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai kehidupan sosial
yang terdapat dalam syair lagu H.Rhoma Irama dan implikasinya sebagai bahan
ajar sastra di SMP? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai
kehidupan sosial yang terdapat dalam syair lagu gubahan H. Rhoma Irama dan
implikasinya sebagai bahan ajar sastra di SMP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif.
Data penelitian dideskripsikan berdasarkan kenyataan sebenarnya berdasarkan
sudut pandang sosiologi karya sastra kemudian dideskripsikan sesuai dengan
tujuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan syair lagu H. Rhoma Irama sarat dngan nilai-nilai
kehidupan sosial. Nilai-nilai sosial tersebut ialah nilai material, nilai vital, dan
nilai kerohanian. Nilai kerohanian terdiri dari, nilai kebenaran, nilai keindahan,
nilai moral dan nilai religius.
Implikasi penelitian ini dapat dikaitkan dengan pengajaran kesastraan di sekolah,
khususnya di SMP , yaitu pada materi analisis nilai-nilai kehidupan . Syair-syair
lagu H. Rhoma Irama sangat relevan dijadikan bahan ajar sastra di SMP Negeri
Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan. Hal ini didasarkan pada lima aspek
kriteria pemilihan bahan ajar, yaitu aspek latar belakang budaya siswa, aspek
psikologis, aspek nilai karya dan aspek keragaman karya. Hasil penelitian ini
dapat menjadi alternatif bahan ajar sastra dalam kurikulum tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) untuk SMP.
Kata kunci: Nilai kehidupan sosial, implikasi bahan ajar, dan syair lagu.
Abstrak Bahasa Inggris1323041029 RINI SUSIANTIanisaandiraputri@gmail.com