Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:26:03ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-06-08T07:35:43Z2018-06-08T07:35:43Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31672This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/316722018-06-08T07:35:43ZPENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SNOWBALL
THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA
PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERIMasalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pada
pembelajaran temtaik di kelas IV SD Negri 1 Wargomulyo. Penelitian ini
bertujuan untuk megetahui perbedaan dan pengaruh model pembelajaran
Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar pembelajaran
tematik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan
desain nonequivalent control grub desain. Populasi dan sampel penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Wargomulyo sebanyak 50 siswa.
Instrumen utama yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data di analisis
dengan mengunakan rumus uji mann-whaitney U tests dan uji wilcoxon. Dari
pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan
pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar
pembelajaran tematik siswa kelas IV SD Negeri 01 Wargomulyo serta ada
perbedaan hasil belajar pembelajaran tematik megunakan pembelajaran
Cooperative Tipe Snowball Throwing dan pembelajaran Konvensional.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Snowball Throwing.
ABSTRACT
The problem in this research is still the low of learning result in the study of
temtaik in class IV SD Negeri 1 Wargomulyo. This study aims to find out the
differences and the influence of Cooperative Type Snowball Throwing learning
model on thematic learning outcomes. This research is an experimental research
using nonequivalent control grub design. Population and sample of this research
is all student of class IV SD Negeri 01 Wargomulyo as many as 50 students. The
main instruments used are tests and observation sheets. Data were analyzed by
using Mann-whaitney U test and wilcoxon test. From the hypothesis testing it can
be concluded that there is a significant influence of Cooperative Type Snowball
Throwing learning toward the result of thematic learning of fourth grade students
of SD Negeri 01 Wargomulyo and there is difference of thematic learning
learning result using Cooperative Type Snowball Throwing and Conventional
learning.
Keywords: Thematic Learning Outcomes, Snowball Throwing.1443053049 RISKA MARDIYANAriskamardiyana35@gmail.com