Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:03:18ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-08-19T06:33:19Z2016-08-19T06:33:19Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23498This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/234982016-08-19T06:33:19ZPENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERMUATAN
NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN LINGKUNGAN
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
MODEL PROBLEM BASED LEARNINGSelama ini LKS fisika yang ada cenderung hanya menekankan kemampuan siswa
pada aspek kognitif. Sementara Kurikulum 2013 yang diterapkan oleh pemerintah
menekankan tiga aspek yang harus diajarkan kepada siswa, yakni afektif, kognitif,
dan psikomotor. Pembelajaran yang mengintegrasikan ketiga aspek ini, perlu
didukung dengan bahan ajar yang memuat instruksi pembelajaran sehingga
mengarahkan siswa untuk menguasai ketiga aspek tersebut. Menindaklanjuti
penerapan Kurikulum 2013, telah dikembangkan LKS Bermuatan Nilai
Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan yang telah tervalidasi konstruk
atau isi oleh para ahli, namun belum tervalidasi empirik. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS Bermuatan Nilai Ketuhanan dan
Kecintaan Lingkungan dalam pembelajaran, sehingga mampu dijadikan sebagai
LKS alternatif untuk membelajarkan materi Perubahan Wujud Zat. Prosedur
penelitian meliputi observasi penelitian untuk menentukan populasi dan sampel,
serta pelaksanaan penelitian yang terdiri dari menyusun perangkat pembelajaran,
Rita Laras Purnamasari
ii
dan melaksanakan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning
(PBL). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Kebun Tebu Lampung Barat,
dengan sampel penelitian kelas VII-A sebagai kelas kontrol yang menggunakan
LKS Konvensional, dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan
LKS Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Lingkungan. Berdasarkan data
hasil penelitian, selanjutnya diolah secara statistik dan matematis, sehingga
diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan
LKS bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan lingkungan terthadap hasil belajar
siswa melalui model PBL serta hasil belajar siswa yang menggunakan LKS
bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan lingkungan lebih tinggi daripada siswa
yang menggunakan LKS konvensional.
Kata kunci: LKS Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Lingkungan, LKS
Konvensional, model PBL, hasil belajar. (1213022063) RITA LARAS PURNAMASARI ritalaras888@gmail.com