Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:43:03ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-08-16T03:50:08Z2016-08-16T03:50:08Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23434This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/234342016-08-16T03:50:08ZPROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA BERDASARKAN
PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA)
PADA KONTEN BIOLOGI
(Kuasi Deskriptif Siswa Kelas IX SMP se-Kecamatan Kedaton
di Bandar Lampung)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kompetensi literasi sains siswa,
perbedaan kompetensi literasi sains berdasarkan gender serta faktor yang
mempengaruhi kompetensi literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan studi
deskriptif sederhana. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas IX SMP se-
Kecamatan Kedaton berjumlah 197 siswa yang dipilih dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Data kuantitatif berupa skor kompetensi literasi sains
diperbolehkan menggunakan instrumen soal PISA, kemudian dianalisis secara
deskriptif untuk mengetahui perbandingan gender dengan menggunakan uji
statistik menggunakan uji Mann- Whitney U, sedangkan data kualitatif pada
penelitian ini berupa faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi literasi sains
siswa dikumpulkan menggunakan kuisioner siswa dan guru.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi literasi sains siswa termasuk
dalam kategori “Sangat Rendah” (23,6 ± 3,2). Apabila hasil literasi sains siswa
dipisahkan berdasarkan aspek kompetensi ilmiah, walaupun masuk kedalam
iii
kategori “Sangat Rendah” namun aspek “menggunakan bukti ilmiah” memiliki
skor tertinggi diantara ketiga aspek (26,4 ± 4,6), capaian kedua yakni aspek
“mengidentifkasi pertanyaan ilmiah” (24,7 ± 3,0) dan yang terakhir aspek
“menjelaskan fenomena ilmiah” (19,6 ± 3,0). Kompetensi literasi sains, siswa
perempuan memiliki kompetensi literasi sains yang lebih unggul (26,0 ± 1,79)
dibanding siswa laki-laki (21,2 ± 1,18). Namun perbedaan tersebut tidak
signifikan. Faktor yang mempengaruhi kompetensi literasi sains siswa adalah latar
belakang pendidikan orang tua; pemberian PR (pekerjaan rumah) kepada siswa;
proses pembelajaran meliputi lama belajar sains di sekolah, keikutsertaan dalam
les dan guru yang mengajar les.
Kata Kunci : kompetensi literasi sains, faktor kompetensi literasi sains, PISA 1213024059 RIZKI SAMTY AYUNINGTYASrizky.samty@yahoo.com