Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:29:01ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-07-02T09:11:48Z2018-07-02T09:11:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31957This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/319572018-07-02T09:11:48ZPERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI SMP NEGERI 1 KRAGILAN 2017/2018Melihat hasil belajar yang belum optimal , maka perubahan dalam proses
pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan
seharusnya mulai diterapkan disekolah. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk
menciptakan proses pembelajaran tersebut adalah dengan mengubah metode
pembelajaran yaitu dengan model pembelajaran kooperatif. Hasil pengujian
hipotesis menunjukan : (1) ada perbedaan hasil belajar ips yang pembelajarannya
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
(NHT). dibandingan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Snowball Throwing (ST) (2). Rata –rata hasil belajar ips yang pembelajaranya
menggunakan model pembelajaranya menggunakan model pembelajranya
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingan dengan
yang pembelajaranya menggunaknan model pembelajaranya kooperatif tipe
Snowball Throwing (ST) dengan diperoleh rata rata hasil belajar kelas
eksperimen sebesar 79,37 sedangkan kelas perbandingan hanya 75,17 dengan
mean difference sebesar 4,200 dan t hitung 3,873> t tabel 1,667. Dengan demikian
Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci : Hasil belajar , model pembelajaran kooperatif, ST,NHT.
1413031055 RIZKY IKA PUSPITASARIrizkyika61@gmail.com