Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:00:19ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-04-11T03:28:26Z2022-04-11T03:29:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57903This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/579032022-04-11T03:28:26ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP
PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
(Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Bandarlampung
Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
discovery terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 31 Bandarlampung semester genap
tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII F yang dipilih melalui teknik
cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest-
posttest control group design. Data penelitian ini berupa skor pemahaman konsep
matematis siswa yang diperoleh melalui tes berupa soal uraian dengan materi
segiempat dan segitiga. Dengan menggunakan analisis uji t’ diperoleh kesimpulan
bahwa model pembelajaran discovery berpengaruh terhadap pemahaman konsep
matematis siswa.
Kata kunci: Pengaruh, Pemahaman Konsep Matematis, Discovery1513021081 RONALDO REDI CAPRIO-