Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:31:53ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-04-14T07:17:28Z2022-04-14T07:17:28Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59030This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/590302022-04-14T07:17:28ZPENINGKATAN PERSONAL GROWTH MELALUI BIMBINGAN
KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TEMA GAYA BELAJAR PADA
MAHASISWA BARU BIMBINGAN DAN KONSELING
FKIP UNIVERSITAS LAMPUNGPermasalahan penelitian ini adalah personal growth mahasiswa yang rendah,
sedang dan tinggi. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan personal
growth melalui bimbingan kelompok teknik diskusi tema gaya belajar pada
mahasiswa baru Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung. Desain
penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah
mahasiswa baru angkatan 2018 yang terdiri dari kelompok eksperimen sebanyak
10 orang dan kelompok kontrol sebanyak 10 orang menggunakan teknik voluntary
sampling. Skala personal growth digunakan untuk mengukur tingkat personal
growth mahasiswa. Hasil uji Mann Whitney Test menunjukan bahwa personal
growth mahasiswa dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok teknik diskusi
tema gaya belajar, yang ditunjukkan dengan hasil analisis yaitu 0,00 < 0,05 maka
Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah personal growth
dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok teknik diskusi tema gaya belajar
pada mahasiswa baru Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung. Kata Kunci: bimbingan kelompok, gaya belajar, personal growth, teknik diskusi
The purpose of the research was to know the improvement of personal growth
through group guidance discussion technic theme of learning styles on new
college students Guidance and Counseling University of Lampung. The design
used was nonequivalent control group design. The subject is new college students
class of 2018, for this research consists of an experimental group of 10 people
and a control group of 10 people by voluntary sampling technic. The personal
growth scale is used to measure level of personal growth college student. The
results of Mann Whitney Test showed that personal growth on college students
can be improved through group guidance discussion technic theme of learning
style, the result of analysis is 0.00 <0.05, so Ho was rejected and Ha was
accepted. The conclusion of this research is the personal growth can be increased
through group guidance discussion technique theme of learning style on new
college students Guidance and Counseling University of Lampung. Keywords: discussion technique, group guidance, learning style, personal growth1513052075 ROSY NUR AFNIDA-