Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:11:26ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-03-01T03:24:04Z2017-03-01T03:24:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25881This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/258812017-03-01T03:24:04ZPENGARUH BAURAN PEMASARAN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN
PRODUK TUPPERWARE DI BANDAR LAMPUNGSalah satu produk yang berkembang saat ini adalah peralatan makan berbahan
dasar plastik yang aman digunakan. Selain itu, permintaan konsumen akan produk
yang praktis dan inovatif juga akan meningkat. Tupperware Corporation merupakan
salah satu perusahaan yang memproduksi serta memasarkan produk peralatan makan
berbahan dasar plastik yang inovatif, praktis, dan aman untuk digunakan. Inovasi
produk terus dilakukan oleh Tupperware untuk memperluas pangsa pasar dan
menghadapi persaingan bisnis antar perusahaan. Penjualan produk Tupperware di
kota Bandar Lampung mengalami fluktuatif, untuk dapat meningkatkan keuntungan
keuntungan, hal yang dapat dilakukan oleh agen Tupperware yaitu dengan
menerapkan faktor-faktor dalam bauran pemasaran yang dapat meningkatkan
penjualan produk Tupperware di kota Bandar Lampung. Faktor-faktor yang ada
dalam elemen bauran pemasaran yaitu produk, harga, promosi, lokasi, orang
(People), proses (Proses), dan sarana fisik (Physical Evidence). Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh produk, harga, promosi, lokasi, orang
(People), proses (Proses), dan sarana fisik (Physical Evidence) pada keputusan
pembelian produk Tupperware di Bandar Lampung. Variabel dependen dalam
penelitian ini yaitu keputusan pembelian, sedangkan variabel independen yaitu
bauran pemasaran dimana variabel X1 (Produk), X2 (Harga), X3 (Promosi), X4
(Lokasi/Distribusi), X5 (Orang), X6 (Proses), X7 (Sarana Fisik). Penelitian ini
menggunakan Purposive Sampling. Indikator dalam penelitian ini berjumlah 30 butir
pernyataan sehingga didapat total sampel sebanyak 150 data responden. Pengujian
dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitan ini
menunjukkan bahwa variabel dalam bauran pemasaran yaitu X1 (Produk), X2
(Harga), X3 (Promosi), X4 (Lokasi/Distribusi), X5 (Orang), X6 (Proses), X7 (Sarana
Fisik) berpengaruh positif pada keputusan pembelian produk Tupperware di kota
Bandar Lampung. Hasil penghitungan skor menunjukkan skor tertinggi untuk
variabel bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah pada
variabel produk (X1) dan variabel yang terendah yaitu pada variabel Orang (X5).
Kata Kunci : Bauran Pemasaran dan Keputusan Pembelian.
abstract
One of the products which is currently developing is tableware made of plastic
that is safe to use. Moreover, consumer demand for innovative and practical products
will also increase. Tupperware Corporation is one company that manufactures and
markets products based plastic tableware innovative, practical, and safe to use.
Innovations made by Tupperware products continue to expand market share and face
competition in other company. Sales of Tupperware products in Bandar Lampung
experiencing fluctuations, in order to increase profit gain, things that can be done by
Tupperware agents that is by applying the factors in the marketing mix to increase sales
of Tupperware products in Bandar Lampung. Factors that exist in the elements of the
marketing mix of product, price, promotion, location, people, process , and physical
evidence. The purpose of this research was to examine the effect of product, price,
promotion, location, people, process , and physical evidence on purchasing decisions
Tupperware products in Bandar Lampung. The dependent variable in this study is the
purchase decision, while the independent variable is the marketing mix where the
variable X1 (Products), X2 (Price), X3 (Promotion), X4 (Location / Distribution), X5
(People), X6 (Process), X7 (Physical Evidence). This study using purposive sampling.
Indicators in this study were 30 item statement in order to get the total sample of 150
respondents of data. Testing is done by using multiple regression analysis. The results
of this research show that the variables in the marketing mix that is X1 (Products), X2
(Price), X3 (Promotion), X4 (Location / Distribution), X5 (People), X6 (Process), X7
(Physical Facilities) positive effect on Tupperware product purchasing decisions in
Bandar Lampung. The results of calculation of the score shows the highest score for a
marketing mix variables that influence purchasing decisions is the product variable
(X1) and a low of variables in the variable Person (X5).
Keywords: Marketing Mix and Purchase Decision.1211011125 Rafinko Anggriawanfinkoanggriawan@gmail.com