Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:58:56ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-08-09T07:59:30Z2022-08-09T07:59:30Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64674This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/646742022-08-09T07:59:30ZMENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN
MENGGUNAKAN INFORMASI PENGALAMAN BELAJAR
MELALUI KONSELING SEBAYA PADA SISWA
KELAS X DI SMAN 8 BANDAR LAMPUNG
TAHUN AJARAN 2019/2020Masalah penelitian ini adalah kepercayaan diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan
mengetahui penggunaan konseling sebaya dengan menggunakan informasi pengalaman
belajar untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada siswa SMA Negeri 8 Bandar
Lampung tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen
dengan menggunakan time series design. Subyek penelitian dipilih sebanyak 5 siswa
yang memiliki kepercayaan diri dalam pembelajaran yang rendah. Teknik pengumpulan
data menggunakan skala kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
konseling sebaya dengan menggunakan informasi pengalaman belajar dapat digunakan
untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji
wilcoxon menggunakan SPSS 23.0 diperoleh zhitung = -2,023 ≤ ztabel = 1, 645. Hasil
analisis tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian
adalah konseling sebaya dengan menggunakan informasi pengalaman belajar dapat
digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA Negeri 8 Bandar Lampung
tahun ajaran 2019/2020.
Kata kunci: informasi pengalaman belajar, konseling sebaya, kepercayaan diri.
The problem of this research is low self confidence in learning. This study aims to
determine the use of peer counseling by using learning experience information to
increase confidence of SMA Negeri 8 Bandar Lampung student in the 2019/2020
academic year. This research method is quasi-experimental using the time series design.
The research subjects were chosen as many as 5 students who have low self confidence
in learning. The data collection technique uses a self-confidence scale. The result
showed that peer counseling by using learning experience information can be used to
increase students self confidence. This is indicated by the results of the Wilcoxon test
using SPSS 23.0 obtained zcount = -2.023 ≤ ztable = 1, 645. The results of the analysis
show that Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of the study is that peer
counseling by using learning experience information can be used to increase the
confidence of SMA Negeri 8 Bandar Lampung students for the 2019/2020 acadmic year.
Keywords: learning experience information, peer counseling, self confidence.1513052076 Rani Ardiya Nastitiraniardiya@gmail.com