Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:46:03ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-06-02T03:39:24Z2022-06-02T03:39:24Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62386This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/623862022-06-02T03:39:24ZSTRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI RUMAH SAKIT UMUM
DAERAH DR. H. ABDUL MOELOEK MENJADI RUMAH SAKIT TIPE AKesehatan menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan yang
diselenggarakan oleh suatu negara. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28
H dan Undang-Undang Kesehatan Nomor 23 Tahun 1992 menetapkan bahwa
kesehatan adalah hak fundamental setiap warga. Oleh karena itu, negara
bertanggung jawab dalam pengaturan hak hidup sehat bagi penduduknya. Begitu
pentingnya arti hidup sehat, telah menjadikan kesehatan menjadi kebutuhan hidup
manusia yang utama di samping kebutuhan hidup lainnya. Dalam era globalisasi
ini, dinamika kehidupan dunia usaha semakin keras dan ketat termasuk di bidang
layanan kesehatan. Dengan makin tingginya tingkat pendidikan dan keadaan
sosial ekonomi masyarakat, maka kebutuhan dan tuntutan masyarakat akan
kesehatan tampak makin meningkat pula. Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H.
Abdul Moeloek Kota Bandar Lampung sebagai salah satu lembaga yang bergerak
dibidang pelayanan jasa kesehatan harus selalu memperhatikan dan memberikan
pelayanan terbaik bagi pasiennya. Sejalan dengan perkembangan dan
pertumbuhan penduduk di Kota Bandar Lampung serta kemajuan bidang
teknologi yang pesat, maka tuntutan dari masyarakat akan terwujudnya hidup
sehat melalui pelayanan jasa kesehatan secara otomatis juga semakin meningkat
pula.
Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi,
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Rumah Sakit Umum
Daerah Dr.H. Abdul Moeloek untuk menuju Rumah Sakit berstatus Tipe A
berjalan cukup sukses, serta fakta dilapangan-pun sudah terindikasi baik dengan
tidak adanya pilih kasih antara pasien dari BPJS pemerintah maupun pasien
umum dan juga Rumah Sakit mengutamakan Triase yang mana proses pemilihan
mana pasien yang membutuhkan pertolongan segera maupun yang tidak.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Organisasi, RSUD Abdul Moeloek,
Tanjung Karang, Bandar Lampung
Health is getting one of indicators development success held by countries. In
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 H and Undang-Undang Kesehatan Nomor
23 Tahun 1992 determined that health is a fundamental right of every citizen.
Because of that, country is responsible in setting the right of healthy living for
their citizens. The healthy living is so vital, has made for a major human life
besides other necessities of life. In this globalization era, the dynamics of the
business world is hard and strictly to include in the field of health care. With
higher levels of education and social conditions, community economic so the
needs and demands of the public health looming increased as well. Dr. H. Abdul
Moeloek Bandar Lampung General Hospital as one of the moving in terms of
health service providers must always be to provide the best services for patients.
In line with the development and population growth is in the city of Bandar
Lampung and also the improvement of technology and a rapid progress, so the
expectations of the formation of a healthy life through public health service
providers automatically is also increased as well.
Type of research used in this research was a descriptive qualitative data collection
which is interview, observation and documentation. The result showed that
strategy of Dr.H. Abdul Moeloek General Hospital towards Type A of Hospital
are quite successful, and the fact is indicated both with no favoritism between
BPJS patients from government and hospital patients and relatives Triase which
election process which patients who need help right away.
Keywords: Organization Development Strategy, RSUD Abdul Moeloek,
Tanjung Karang, Bandar Lampung1416041080 Reggie Ariq Fikrireggy.arqi@gmail.com