Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:38:47ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-05-10T06:42:03Z2022-05-10T06:42:03Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60784This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/607842022-05-10T06:42:03ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS
SOMATIK, AUDIO, VISUAL, DAN INTELEKTUAL UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
PESERTA DIDIK KELAS V SUBTEMA USAHA
PELESTARIAN LINGKUNGANTujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan
kevalidan dan efektivitas pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis
model pembelajaran SAVI dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis
peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang
mengacu pada teori Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta
didik kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Metro Timur dan sampel
ditentukan secara purposive sampling sebanyak 40 peserta didik terbagi
pada kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui
lembar observasi, angket, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji n-Gain untuk mengetahui efektivitasnya. Hasil validasi lembar
kerja peserta didik berbasis SAVI dilakukan oleh ahli materi, media, dan
bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan lembar
kerja peserta didik berbasis SAVI yang dihasilkan valid dan efektif untuk
digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas V. Hal ini
dibuktikan dengan peningkatan berpikir kritis peserta didik setelah
menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis SAVI.
Keyword: lembar kerja, berpikir kritis, SAVI
The purpose of this research and development is to describe the validity and
effectiveness of developing student worksheets based on the SAVI learning model
in improving students' critical thinking skills. This type of research is research and
development that refers to the theory of Borg and Gall. The population of this
study was the fifth grade elementary school students in East Metro District and
the sample was determined by purposive sampling as many as 40 students divided
into experimental and control classes. Data was collected through observation
sheets, questionnaires, and test questions. The data analysis technique used is the
n-Gain test to determine its effectiveness. The results of the validation of the
SAVI-based student worksheets were carried out by material, media, and
language experts. The results showed that the SAVI-based student worksheet
development product was valid and effective for use in the learning process of
fifth grade students. This was evidenced by the improvement in students' critical
thinking after using the SAVI-based student worksheet.
Keyword: worksheets, critical thinking, SAVI.1723053028 Reni Febriyentirenifebriyenti42@guru.sd.belajar.id