Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:42:00ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-09-30T02:00:41Z2015-10-28T01:44:06Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3497This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/34972014-09-30T02:00:41ZPENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECK
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS
IV B SD NEGERI 06 METRO PUSAT
TAHUN PELAJARAN 2013/2014Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik, yakni 11 siswa(35,48%) tuntas dan 20 siswa(64,52%)belum tuntas dari KKM 66. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative
learning tipe pair check pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK),yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan(acting), observasi (observating), dan refleksi (reflecting), dilaksanakan 3 siklus setiap siklusnya terdiri 3 pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar untuk aktivitas siswa dan kinerja guru, tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siswa siklus I yaitu 55,87, siklus II 66,77 dan siklus III 80,84. Ketuntasan hasil belajar siswa terdiri dari tiga aspek yaitu afektif,
kognitif, dan psikomotor. Nilai rata-rata afektif siswa siklus I sebesar 57,11 Siklus II sebesar 67,77 dan siklus III 82,68. Presentase ketuntasan hasil belajar kognitif
siswa siklus I sebesar 52,68%, siklus II sebesar 72,03% dan siklus III 84,94. Ratarata psikomotor siswa siklus I sebesar
56,98, siklus II sebesar 67,02, dan siklus III sebesar 82,21.
Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Tipe Pair Check.1013053075 Reni Utamiutamireni32@gmail.com