Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:15:57ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-23T07:02:20Z2015-09-23T07:02:20Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12910This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/129102015-09-23T07:02:20ZSTRATEGI PEMENANGAN PASANGAN ADRIAN SOEDRAJAD DAN
WILANDA RIZKI DALAM PEMILIHAN GUBERNUR BADAN
EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL
DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMPUNG
TAHUN 2014Pemilihan Raya (Pemira) Gubernur dan Wakil Gubernur BEM di FISIP Unila
yang diselenggarakan pada tanggal 5 November 2014 dimenangkan oleh
pasangan Adrian Soedrajad dan Wilanda Rizki mengalahkan Pasangan Bambang
Irawan dan Toto Sudiyanto. Kemenangan pasangan ini diraih karena adanya
strategi yang dibentuk bersama tim pemenangan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi yang digunakan pasangan Adrian Soedrajad dan Wilanda
Rizki dan untuk mengetahui keterlibatan Himpunan Mahasiswa Islam dalam
pemilihan gubernur BEM FISIP Unila tahun 2014.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya rivalitas antar calon dalam
memenangkan kompetisi pada pemilihan gubernur BEM FISIP Unila tahun 2014
baik secara internal organisasi maupun eksternal organisasi. Oleh karena itu
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “1) Bagaimana Strategi
Pemenangan Pasangan Adrian Soedrajad dan Wilanda Rizki dalam Pemilihan
Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
Universitas Lampung Tahun 2014?
2) Apakah Organisasi Eksternal Ikut Terlibat dalam Merumuskan Strategi
Pemenangan Pasangan Adrian Soedrajad dan Wilanda Rizki?”
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif (mix
method) dan teori yang digunakan yaitu Teori Strategi Pemasaran Politik
(Political Marketing) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Segmentasi, Targeting
dan Positioning kemudian dianalisis menggunakan teori analisis SWOT untuk
memudahkan penulis mengembangkan strategi yang digunakan pasangan Adrian
Soedrajad dan Wilanda Rizki bersama tim pemenangannya. Untuk menerapkan
teori tersebut dalam memperoleh data, penulis melakukan wawancara mendalam
dan memberikan kuisioner kepada orang-orang yang terlibat dengan proses
pemenangan tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa, dalam proses
segmentasi, targeting hingga positioning yang dianalisis menggunakan teori
analisis SWOT, Adrian Soedrajad dan Wilanda Rizki bersama tim
pemenangannya memiliki keuntungan dan kendala tersendiri. Selanjutnya, tidak
ada keterlibatan HMI secara organisasi dalam pemenangan pasangan Adrian
Soedrajad dan Wilanda Rizki. HMI hanya sebagai wadah untuk melakukan
evaluasi, yang terlibat adalah para kader HMI yang membentuk tim pemenangan
pasangan Adrian Soedrajad dan Wilanda Rizki.
Kata Kunci : Strategi, Pemilihan, BEM
Abstrak Bahasa Inggris1116021089 Restia Permata Sarirestiapermata@yahoo.com