Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:16:14ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-05-23T06:30:30Z2022-05-23T06:30:30Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61606This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/616062022-05-23T06:30:30ZPENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN
TARI BEDANA PADA EKSTRAKURIKULER DI SMAN 13 BANDAR
LAMPUNGPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Tiktok dalam
pembelajaran tari Bedana pada ekstrakurikuler di SMAN 13 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan menggunakan teori sibernetik. Teori ini menekankan pada proses dan pengolahan informasi. Data diperoleh dari
sumber data primer dan sekunder yang didapat dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan, reduksi, penyajian dan verifikasi
data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tujuh langkah dalam
melaksanakan pembelajaran, yaitu guru membuat video tutorial tari, guru
mengunggah video tutorial tari melalui aplikasi Tiktok, siswa menerima tugas, siswa menirukan video tutorial yang diunggah guru melalui aplikasi Tiktok, siswa
mengunggah tugas dari video tutorial tari, guru memberikan evaluasi melalui
kolom komentar dan guru menilai video yang dibagikan siswa. Proses tersebut
berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan belajar, namun memiliki
beberapa kendala seperti guru tidak bisa mengkondisikan kelas belajar dengan
maksimal dan dalam pembelajarannya, guru tidak bisa mengoreksi secara langsung
kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kata kunci: Aplikasi Tiktok, tari Bedana, Penggunaan.
This study aims to describe the use of the Tiktok application in learning Bedana
dance in extracurricular activities at SMAN 13 Bandar Lampung. The method used
is a qualitative method and uses cybernetic theory. This theory emphasizes
information processing. Data obtained from primary and secondary data sources
obtained by observation, interviews, and documentation. Data analysis by collecting, reducing, presenting and verifying data. The results of this study indicate that there
are seven steps in carrying out learning, namely the teacher makes dance tutorial
videos, the teacher uploads dance tutorial videos through the Tiktok application, students receive assignments, students imitate the video tutorials uploaded by the
teacher through the Tiktok application, students upload assignments from dance
tutorial videos. , the teacher provides an evaluation through the comments column
and the teacher assesses the videos shared by students. The process went well and
experienced an increase in learning, but had several obstacles such as the teacher
could not condition the class to the maximum and in learning, the teacher could not
directly correct the mistakes made by the students. Keywords: Tiktok application, Bedana dance, Usage.1713043018 Riyan Agustianriyanagustian10@gmail.com